Malang Raya

Sempat Sembunyikan Uang Pungli, Kades Kalisongo Kabupaten Malang Jadi Tersangka

Tim Saber Pungli Polhukam dan Polres Malang tetapkan Kades Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Siswanto (48) sebagai tersangka

Sempat Sembunyikan Uang Pungli, Kades Kalisongo Kabupaten Malang Jadi Tersangka
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung didampingi Tim Saber Pungli Polres Malang menunjukkan barang bukti terkait OTT terhadap Kades Kalisongo, Kamis (15/2/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Tim Saber Pungli Polhukam dan Polres Malang tetapkan Kades Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Siswanto (48) sebagai tersangka.

Ini setelah Kades Kalisongo tersebut diperiksa intensif tim Saber Pungli Polhukam dan Polres Malang setelah terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT), Rabu (14/2/2018).

( BERITA TERKAIT : Diduga Lakukan Pungli, Kades Kalisongo Kabupaten Malang Kena Operasi Tangkap Tangan )

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan, Kades Kalisongo tersebut terbukti telah meminta uang biaya tanda tangan pengajuan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) serta Izin Gangguan (HO) kepada seorang pengembang perumahan total mencapai Rp 140 juta.

Pembayaran biaya tanda tangan IPPT dan IMB serta Izin HO yang diminta Kades Kalisongo tersebut dibayar secara bertahap. Yakni pada tahun 2017 pembayaran sudah dilakukan dua kali masing-masing sebesar Rp 10 juta.

"Untuk tahap ketiga dibayarkan sebesar Rp 7,5 juta kepada Kades pada bulan Februari ini yang berhasil diamankan sebagai barang bukti pungli dalam OTT yang kami lakukan bersama tim Polhukam Mabes Polri," kata Yade Setiawan Ujung, Kamis (15/2/2018).

Dijelaskan Ujung, proses OTT yang dilakukan itu setelah uang pembayaran tahap tiga diterima Kades di Kantor Desa Kalisongo. Kades Kalisongo tersebut tidak bisa mengelak setelah barang bukti uang yang diterimanya tersebut ditemukan dan diamankan tim Saber Pungli yang dimasukkan dalam amplop dan sempat disimpan Kades di balik bajunya.

"Barang bukti uang Pungli sebesar Rp 7,5 juta yang sempat disimpan di balik baju Kades itu yang kami amankan dalam OTT," ucap Yade Setiawan Ujung didampingi Ketua Tim Saber Pungli Polres Malang yang juga Wakapolre Malang, Kompol Deky Hermansyah.

Sebenarnya, dikatakan Yade Setiawan Ujung, Kades Kalisongo tersebut masih dalam proses hukum dugaan pemalsuan tanda tangan yang sedang diproses Satreskrim Polres Malang dari pengaduan yang masuk ke Polres Malang pada bulan November 2017.

Dan Polres Malang sendiri sudah mengirim surat pemberitahuan ke Inspektorat Pemkab Malang terkait pengaduan warga atas apa yang dilakukan Kades Kalisongo. Motif dari dugaan pemalsuan tanda tangan itu sendiri juga terkait uang.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help