Nasional

Presiden Jokowi Akhirnya Bisa Miliki Deluxe Box Set Metallica, Rela Bayar Rp 11 Juta ke KPK

Presiden Jokowi kini resmi memiliki deluxe box set Metallica berjudul "Master of Puppets" itu setelah bayar 'tebusan'.

Presiden Jokowi Akhirnya Bisa Miliki Deluxe Box Set Metallica, Rela Bayar Rp 11 Juta ke KPK
KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO
Presiden Joko Widodo menunjukkan box set album piringan hitam Metallica pemberian Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen, di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (28/11/2017). 

SURYAMALANG.COM - Masih ingat saat Presiden Joko widodo menerima cendera mata satu set album grup band Metallica Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rassmussen ?

Sempat ditetapkan menjadi milik negara, tapi kini cendera mata itu sudah resmi jadi milik Presiden Jokowi setelah 'ditebus'. 

Presiden Joko Widodo kini resmi memiliki deluxe box set Metallica berjudul "Master of Puppets" itu.

Cendera mata khas dari salah satu grup band favorit pak presiden itu sebelumnya langsung dilaporkan dan diserahkan ke KPK.

Tapi kini barang pemberian grup band Metallica tersebut bukan lagi termasuk dalam kategori gratifikasi.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, album musik tersebut sebenarnya telah dilaporkan olehJokowi pada 7 Desember 2017.

Album itu juga telah ditetapkan menjadi milik negara melalui SK No.219 Tahun 2018 tanggal 31 Januari 2018.

Namun, menurut Febri, Jokowi bersedia mengganti barang tersebut dengan uang.

Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang gratifikasi.

"Kami apresiasi pelaporan gratifikasi yang dilakukan. Ini adalah contoh positif yang sepatutnya diikuti oleh seluruh pegawai negeri dan penyelenggara negara," kata Febri di Gedung KPK Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Uang pengganti barang berupa deluxe box set Metallica berjudul Master of Puppets senilai Rp 11.079.019 telah diterima KPK.

Hal ini mengacu pada Peraturan KPK Nomor 6 Tahun 2015. Pasal 12 ayat 6 menjelaskan bahwa KPK dapat meminta penerima gratifikasi untuk menyerahkan uang sebagai kompensasi atas barang yang diterimanya.

"Poin utama sebenarnya bukan pada jumlah uang. Tapi contoh yang konsisten yang dilakukan Presiden, yakni kehati-hatian yang tinggi untuk mencegah korupsi mulai dari hal yang kecil," kata Febri.

Sebelumnya, deluxe box set album Metallica yang berjudul "Master of Puppets" itu diberikan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rassmussen di Istana Kepresidenan Bogor pada 28 November 2017.

larsulrich
This is way cool… I signed an MOP box set for Danish Prime Minister Lars Løkke Rasmussen to give to Indonesian President Joko Widodo who is well known as a huge fan of rock music and came to see us in Jakarta in ‘13… music really does connect people!!!
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help