Malang Raya

Pembangunan Pasar Kota Batu Tahap Dua Segera Masuk Lelang, Telan Anggaran Rp 5 Miliar

Setelah selesai merampungkan pembangunan Pasar Kota Batu Unit Sayur tahap pertama, Pemkot Batu segera memulai pembangunan tahap dua

Pembangunan Pasar Kota Batu Tahap Dua Segera Masuk Lelang, Telan Anggaran Rp 5 Miliar
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pedagang di Pasar Kota Batu unit sayur 

SURYAMALANG.COM, BATU - Setelah selesai merampungkan pembangunan Pasar Kota Batu Unit Sayur tahap pertama, Pemkot Batu segera memulai pembangunan tahap dua.

Pembangunan tahap dua ini akan dimasukkan ke pengadaan atau lelang. Karena pembangunan pasar unit sayur ini bukan pembangunan multiyears.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Batu, Chairul Sjarif Tartilla mengatakan, Maret ini pengadaan lelang pembangunan pasar sayur tahap dua akan dimulai.

"Tahun ini akan dilanjutkan pembangunannya. Seperti tahun kemarin, pembangunan akan dilelang. Secepatnyalah, bulan ini sudah masuk," kata Chairul, saat ditemui di ruangannya, Jumat (2/3).

Ia menjelaskan, tahap kedua ini yakni pemasangan atap di bagian tengah pasar sayur. Tidak hanya pasangan atap saja, tetapi juga pemasangan bedak-bedak terbuka di tengah. Bedak yang akan ditaruh di bagian tengah ini juga untuk berjualan pedagang.

Chairul mengatakan, untuk desain lengkap pihaknya masih belum mengetetahui, karena mengikuti permintaan sesuai kebutuhan dari dinas yang membidangi.

"Kami mengikuti dinas yang menjadi leading sektornya. Anggarannya nanti lebih kecil dari tahap pertama sekitar 5 miliar rupiah," imbuh dia yang juga sebagai Asisten Administrasi Umum.

Dalam pembangunan tahap pertama, pasar yang dibangun satu lantai itu jumlah bedak pedagang dengan ukuran 3x5 meter ada 40 unit.

Bedak berukuran 3x3 meter sejumlah 96. Dengan demikian totalnya 136 unit kios yang saat ini sudah siap untuk ditempati oleh para pedagang. Total anggaran pembangunan tahap pertama ini sekitar Rp 9 Miliar.

Namun, hingga saat ini bedak yang dibangun pada tahap pertama ini masih belum juga ditempatin. Mupangat, satu di antara pedagang di pasar sayur mengatakan sekotar dua minggu lagi ia dan pedagang lainnya akan segera menempati pasar tersebut.

"Belum mbak, katanya dua minggu lagi. Tapi ini pedagang sudah siap-siap pindah ke sini," kata dia saat ditemui di Pasar Batu unit sayur.

Ia mengatakan, kalau belum ada lotre untuk penempatan pedagang. Tetapi ia pun tak sabar untuk segera menempati pasar sayur ini. Karena selama ini ia dan beberapa pedagang sangat tidak nyaman berjualan di bedak relokasi.

Meskipun lokasi bedak relokasi tak jauh dari bedak yang baru, hasrat pedagang untuk segera menempati lokasi anyar itu sangat dirasa oleh pedagang di sana.

Karena kondisi bedak relokasi yang lebih kecil, sehingga penjual kurang leluasa saat berjualan. Tak hanya itu, menurutnya adanya bedak relokasi yang terbuat dari kayu triplek dan besi seng ini juga mengganggu kondisi pasar.

"Ya kalau sudah jadi lebih baik segera ditempati. Namanya bedak relokasi kan untuk sementara, kalau sudah jadi yang baru ya segera ditempati. Itu inginnya kami," imbuh ia yang juga berjualan sayuran itu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help