Home »

Batu

Malang Raya

Penyusunan APBDes Kota Batu Sudah Rampung, Tinggal Menunggu Perwali Dana Desa

Sebanyak 19 desa di Kota Batu sudah merampungkan garapan untuk APBDes. Tentunya garapan APBDes ini mencangkup penggunaan Anggaran Dana Desa

Penyusunan APBDes Kota Batu Sudah Rampung, Tinggal Menunggu Perwali Dana Desa
IST
Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sebanyak 19 desa di Kota Batu sudah merampungkan garapan untuk APBDes. Tentunya garapan APBDes ini mencangkup penggunaan Anggaran Dana Desa (DD).

Namun, meskipun desa sudah merampungkan APBDes, Perwali terkait penggunaan anggaran DD di 2018 ini masih belum turun, padahal seharusnya Peraturan Wali Kota (Perwali) turun terlebih dahulu sebelum APBDes.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Arif Purwanto mengatakan, pihak desa diminta untuk membuat APBDes berbarengan dengan Perwali.

Dikatakannya, seharusnya desa ini membuat APBDes setelah ada Perwali, namun ditakutkan karena akan menunggu lama, maka desa diminta segera membuat APBDes.

"Pembuatan APBDes ini terkait perubahan jumlah anggaran. Kami sudah mengirimkan lampiran, agar desa ini bisa membuat APBDes dulu berbarengan dengan kami membuat Perwali," kata Arif, Jumat (2/3/2018).

Ia menambahkan, memang Perwali ini masih belum turun. Karena masih harus memaksimalkan perencanaan di 2018 ini. Yakni penggunaan anggaran DD sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Salah satunya ialah kegiatan padat karya tunai. Arif menjelaskan, padat karya tunai ini mengharuskan minimal 30 persen setiap desa menggunakan DD untuk kegiatan pembangunan.

"Itu juga sudah diatur di dalam APBDes yang disusun setiap desa. Apalagi tahun ini ada penambahan anggaran DD, jadi kami menargetkan desa bisa menyerap anggaran sepenuhnya," imbuh dia.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Desa di Kota Batu, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Deyisnil Fariadi mengatakan, kalau pihaknya juga sudah mendapatkan laporan setiap desa sudah merampungkan APBDesnya. Ia berharap, pihak Pemkot Batu segera menyelesaikan Perwali DD 2018.

"Agar pencairan DD bisa segera turun dan bisa segera digunakan oleh desa. Desa sudah mempercepat penyusunan APBDes, seharusnya pemkot Batu juga harus segera menyelesaikan Perwali," kata Deyis.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help