Surabaya

VIDEO - Londo Kampung Bikin Peserta English First Terpingkal-pingkal

LONDO KAMPUNG. Arek mileneal teko Suroboyo sampek Malang gak kenal Londo Kampung? Rugi poll! Tontoken videone iki, rek!

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Belajar bahasa asing ternyata gampang-gampang susah. Hal ini disampaikan Dave Japchott yang terkenal lucu dalam channel YouTube-nya, Londo Kampung. 

YouTuber yang fasih Bahasa Jawa dialek Suroboyoan ini hadir dalam peresmian English First - English Center for Adults di Tunjungan Plaza 6, Surabaya.

Dave menyampaikan pengalamanannya belajar Bahasa Jawa kepada belasan peserta English First yang hadir. Pria asal Australia ini pun membuat semuanya terpingkal.

Dalam guyonannya, Cak Dave menitipkan pesan bahwa belajar bahasa asing gampang-gampang susah. Ada triknya. Dave mengaku belajar bahasa asing bisa dimulai dengan cara yang menyenangkan.

"Misalnya menonton film, mendengarkan musik, dan main game. Dengarkan dan lakukan. Lalu jangan malu untuk mencobanya berbicara dengan orang lain. Jika kamu pemula dan tak punya lawan bicara, coba bicara sendiri. Misalnya saat berkendara ucapkan apa yang kamu lihat dengan bahasa Inggris," terangnya, Jumat (2/3/2018).

Dave melanjutkan, pikirkan keuntungan dalam proses belajar bahasa Inggris.

"Misalnya kamu tidak usah translate saat menonton film, kamu bisa mengerti arti lagu bahasa Inggris tanpa melihat di Google. Pikirkan hal yang menyenangkan, jadi belajar juga menyenangkan," tambahnya.

Salah seorang peserta yang ikut dalam materi Cak Dave, Dian (27) mengaku senang karena mendapatkan wawasan baru. Khususnya mendengarkan pengalaman orang lain belajar bahasa asing.

"Dave itu bisa bahasa Jawa, bisa Bahasa Inggris tapi dia belajar Bahasa Indonesia melalui televisi, buku, dan teman-temannya. Jadi saya merasa belajar Bahasa Inggris yang tidak disengaja bisa melalui hal hal menyenangkan seperti yang Cak Dave sampaikan. Menonton film dan mendengarkan lagu," katanya. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help