Malang Raya

Mahasiswa Minta Bakal Calon Rektor Universitas Brawijaya Malang Tanda Tangan Perjanjian

Saat Heri naik panggung, di tribun lantai 2 yang langsung menghadap panggung terpasang beberapa spanduk kain soal permasalahan di UB.

Mahasiswa Minta Bakal Calon Rektor Universitas Brawijaya Malang Tanda Tangan Perjanjian
SURYAMALANG.COM/Eko Darmoko
Universitas Brawijaya Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Aliansi BEM seluruh fakultas di Universitas Brawijaya (UB) Malang menyampaikan enam poin harapan berisi janji yang harus dilaksanakan oleh rektor terpilih nanti. Untuk itu, empat bakal calon (balon) rektor harus menandatanganinya.

Diwakili Heri, mahasiswa Fisip UB, ia naik panggung dialog terbuka bakal calon rektor UB hendak ditutup oleh moderator Dr Muchamad Ali Safaat SH MH, dosen FH UB, di gedung Samantha Krida, Senin (5/3/2018).

Saat Heri naik panggung, di tribun lantai 2 yang langsung menghadap panggung terpasang beberapa spanduk kain soal permasalahan di UB.

Seperti menyoal masalah di UB. Ada tulisan Apa Kabar UB Kediri, Universitas Borjuis, Biaya Edan Keamanan Tidak Sepadan, UKT Maksimalis, Vokasi Minimalis dll.

"Kita mewakili aspirasi mahasiswa UB," jelas Heri kepada SURYAMALANG.COM tentang alasan naik panggung dan meminta balon rektor menandatangani enam poin yang diajukan mahasiswa.

Hal ini dilakukan karena suara mahasiswa tidak dimanfaatkan dalam pilrek nanti. Yang memilih adalah senat UB dan Menristekdikti. Karena itu mereka menyuarakan harapan pada siapa pun dari empat balon yang nanti menjadi rektor UB.

Empat balon kemudian menandantangani dan berfoto bersama perwakilan aliansi BEM UB di panggung. Mereka adalah Prof Dr Ir M Bisri MS, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani MS, Dr Ir Osfar Sjofjan MSc dan Dr Tjahjo Suprayogo MSi. Enak poin itu antara lain rektor terpilih akan melanjutkan, mempertajam dan melaksanakan visi misi rektor yang berpihak pada civitas akademika.

Kemudian rektor terpilih akan memperhatikan dan menjamin hak mahasiswa termasuk memanfaatkan sumberdaya kampus, fasilitas dll. Rektor terpilih akan mengevaluasi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTBH) agar tidak merugikan civitas akademika. Selain itu masalah UB Kediri dan Vokasi juga diperhatikan.

Tjahjo Suprayogo, balon rektor UB mengapresiasi aksi mahasiswa. "Saya dulu juga pernah jadi mahasiswa. Apa yang diharapkan para mahasiswa baik kok buat rektor terpilih nanti. Ini bagian dari dinamika pilrek," ujar Tjahjo kepada SURYAMALANG.COM usai acara.

Tak ada yang menduga ada aksi ini. Awalnya dialog terbuka yang dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen berlangsung landai. Masing-masing memaparkan visi misinya yang tak banyak beda karena menyesuaikan dengan visi misi universitas.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved