Malang Raya

Hujan Deras Kembali Akibatkan Tanah Longsor di Kota Batu, Berikut Titik yang Terkena Longsor

Hujan deras berakibat bencana longsor atau tanah ambrol kembali terjadi di wilayah Kota Batu.

Hujan Deras Kembali Akibatkan Tanah Longsor di Kota Batu, Berikut Titik yang Terkena Longsor
Instagram/bpbd_batu
BPBD Kota Batu bersama Koramil Bumiaji, Dinas PU dan Tata ruang, FPRB Desa Tulungrejo dan Warga Desa Tulungrejo melakukan penanganan kegiatan pembersihan longsor di Jalan Pura Giri Arjuna Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji Kota Batu, Selasa (6/3/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Hujan deras berakibat bencana longsor atau tanah ambrol kembali terjadi di wilayah Kota Batu.

Berdasarkan informasi yang diterima SURYAMALANG.COM, mulanya terjadi plengsengan ambrol di Desa Tulungrejo. Tim TRC PB BPBD KWB sudah berada di lokasi untuk melaksanakan pembersihan material tanah yang ambrol.

BPBD Kota Batu bersama Koramil Bumiaji, Polsek Bumiaji, Dinas PU dan Tata ruang, Dinas Penanggulangan Kebakaran, FPRB Desa Tulungrejo dan Warga Desa Tulungrejo melakukan penanganan kegiatan penyemprotan sisa pembersihan material longsor di Jalan Pura Giri Arjuna Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kronologi bermula ketika hujan deras yang berlangsung Senin siang hingga sore (5/3/2018) mengakibatkan longsor yang menimpa rumah Ibu Juariah di Desa Tulungrejo, Bumiaji.

Longsor terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Dimensi longsor mencapai kurang lebih lebar 5,5 meter dan tinggi 7 meter. Disusul dengan longsor di Jalan Pura Giri Luhur Arjuna, Desa Tulungrejo, Bumiaji yang terjadi sekira pukul 19.00 WIB.

Hasil kaji cepat BPBD Kota Batu didukung informasi dari warga sekitar, longsor terjadi karena kondisi tanah labil dipicu dengan hujan deras. Hingga material longsor menimpa rumah Ibu Juariah dengan kerusakan di bagian dapur.

Sejak kemarin malam sampai saat ini, Selasa (6/3/2018), Ibu Juariah dan suami mengungsi di rumah kerabat.

Untuk longsor di Jalan Pura Giri Luhur Arjuna berdampak pada tertutupnya akses jalan raya, perekonomian warga dan terganggunya wisatawan yang ingin beribadah. Dimensi longsor kurang lebih panjang 7 meter, tinggi 12 meter dan tebal 1,5 meter.

Setelah berkoordinasi dengan warga dan perangkat desa setempat, pagi ini dilaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor.

BPBD Kota Batu bersama Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Penanggulangan Kebakaran, Koramil Bumiaji, Polsek Bumiaji, FPRB Tulungrejo perangkat desa dan warga sekitar gotong royong melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor tersebut.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko juga meninjau lokasi kejadian pagi ini. Dalam kunjungannya Wali Kota Kota Batu menemui dan memberikan bantuan kebutuhan dasar kepada korban terdampak dan memberikan pengarahan tindak lanjut penanganan darurat.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, BPBD tetap mengimbau kepada warga sekitar yang rumahnya dekat dengan lereng agar selalu tetap waspada khususnya saat kondisi hujan.

(PUSDALOPS PB - BPBD KOTA BATU)

Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved