Malang Raya

Gara-Gara Songgoriti, Pemkot Batu dan Pemkab Malang Terbelit Masalah Ini, Bagaimana Solusinya?

Keinginan Pemkot Batu untuk memiliki aset tanah beserta bangunan Songgoriti Resort serta Unit Pemandian Air Panas harus sedikit bersabar.

Gara-Gara Songgoriti, Pemkot Batu dan Pemkab Malang Terbelit Masalah Ini, Bagaimana Solusinya?
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Unit pemandian air panas di Pemandian Songgoriti Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Keinginan Pemkot Batu untuk memiliki aset tanah beserta bangunan Songgoriti Resort serta Unit Pemandian Air Panas harus sedikit bersabar.

Pasalnya hingga saat ini kedua lokasi itu masih menjadi aset Pemerintah Kabupaten Malang. Tetapi Pemkot Batu terus berusaha untuk mendapatkan aset itu, salah satu upayanya dengan bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Kedua lokasi itu berada di wilayah Kota Batu, tetapi kepemilikan masih dikuasai Kabupaten Malang.

Kasi Datun Kejari Kota Batu, I Nyoman Sugiartha mengatakan, terkait aset ini pihaknya masih mempelajari, karena Kejari hanya sebatas menjembatani.

Pihaknya juga memberikan masukan, bahwa seharusnya kedua belah pihak harus bertemu.

"Sejauh ini komunikasi hanya melalui surat saja. Kami memberikan masukan kepada Pemkot Batu agar mencari win win solution. Kami hanya menengahi," kata Nyoman saat ditemui di Kejari Batu, Kamis (8/3/2018).

Dikatakannya, memang secara hukum masuk ke dalam wilayah Kota Batu. Dalam menangani hal ini, pihaknya juga sedikit membuka lembaran saat pertama kali perubahan Kota Batu menjadi kota pemerintahan tahun 2001.

Dalam surat pembentukan Kota Batu, ternyata tidak tertera bahwa bangunan Songgoriti Resort serta Unit Pemandian Air Panas termasuk objek yang diserahkan ke Pemkot Batu.

Kalimat itu tertera dari surat yang diserahkan dari Pemkab Malang ke Pemkot Batu.

"Nah kalau dikupas dari SK itu sendiri tidak disebutkan, maka solusinya ialah kedua belah pihak ini harus bertemu. Membicarakan apa keinginan masing-masing. Karena sejauh ini hanya melalui surat saja," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help