Malang Raya

Bapenda Kabupaten Malang Target Pajak Hiburan Capai Rp 7 Miliar

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang targetkan pendapatan pajak hiburan tahun ini mencapai Rp 7 miliar.

Bapenda Kabupaten Malang Target Pajak Hiburan Capai Rp 7 Miliar
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang targetkan pendapatan pajak hiburan tahun ini mencapai Rp 7 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi mengatakan, naiknya pendapatan pajak hiburan tidak lepas dari terus bergeliatnya sektor pariwisata di Kabupaten Malang. Sebab, banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata maka semakin banyak tiket masuk yang terjual.

"Untuk itulah, kami perkirakan tahun ini wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang meningkat tajam sehingga pajak hiburan ikut terkatrol nilainya," kata Purnadi, Senin (12/3/2018).

Di samping itu, menurut Purnadi, semakin banyaknya objek wisata yang ada di Kabupaten Malang juga ikut menyumbang peningkatan pajak hiburan. Baik objek wisata yang dikembangkan dan dikelola BUMD Pemkab Malang maupun objek wisata yang dibuka dan dikelola oleh swasta.

Hal itu berdampak pada semakin banyaknya wisatawan yang berminat untuk datang berkunjung.

"Maka dari itu, kami pun berharap instansi terkait semakin gencar mempromosikan pariwisata di Kabupaten Malang untuk menarik wisatawan, sehingga pendapatan dari pajak hiburan bisa terus ditingkatkan," tandas Purnadi.

Optimisme Bapenda Kabupaten Malang mendapatkan kenaikan penerimaan pajak hiburan, ungkap Purnadi, seiring dengan penerimaan berbagai pajak di tahun 2018 ditarget naik sekitar 40 persen.

Meskipun tahun lalu penerimaan pajak hanya naik sebesar 10 persen dari target yang ditetapkan.

"Ada beberapa strategi yang terus kami matangkan dalam upaya meningkatkan pendapatan dari pajak," ujar Purnadi.

Salah satu contohnya, tambah Purnadi, yakni dengan melakukan identifikasi ulang objek pajak yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Seperti pajak bangunan di perusahaan yang dimungkinkan mengalami perubahan setiap tahun.

Adanya evaluasi pendataan ulang Pajak Bumi Bangunan (PBB) itulah, imbuh Purnadi, yang nantinya akan dilakukan dalam upaya mendongkrap pendapatan sektor pajak tahun ini.

Dan tahun ini, Bapenda Kabupaten Malang menargetkan pendapatan PBB tahun 2018 mencapai Rp 162 miliar.

Target tersebut yang nantinya dalam perubahan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (PAPBD) 2018 tersebut bisa ditingkatkan mencapai Rp 200 miliar.

"Tentunya melalui strategi dan kinerja maksimal target pendapatan pajak tahun ini optimis bisa tercapai," tutur Purnadi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved