Jendela Dunia

Sir William Henry Perkin Sebagai Google Doodle, Ini Kisah Penemu Perwarna Sintetis Warna Ungu !

Sosok Sir William Henry Perkin tersebut akan selalu dikenang dalam sepanjang sejarah sebagai penemu pewarna sintetis pertama di dunia!

Sir William Henry Perkin Sebagai Google Doodle, Ini Kisah Penemu Perwarna Sintetis Warna Ungu !

SURYAMALANG.COM - Hari ini, Senin 12 Maret 2018 para pengguna Google akan mendapati Google Doodle berupa tokoh  Sir William Henry Perkin.

Jika kita mengarahkan kursor pada logo Google hari ini akan muncul keterangan bahwa hari ini adalah peringatan 180 tahun kelahiran  Sir William Henry Perkin.

Sir William Henry Perkin lahir di London Timur, Inggris, 12 Maret 1838.

Ia lahir dari orang tua, George Perkin, seorang Tukang Kayu yang sukses di eranya kala itu dan istrinya Sarah Perkin sebagai anak yang ketujuh.

George dan Sarah kala itu mungkin tak menyangka bahwa anak bungsu mereka dari tujuh bersaudara ini akan menjadi sosok yang berpengaruh dalam sejarah manusia.

Ya, sosok Sir William Henry Perkin tersebut akan selalu dikenang dalam sepanjang sejarah sebagai penemu pewarna sintetis pertama di dunia!

Sosoknya ini secara tak sengaja menemukan hal tersebut setelah gagal mensintesis kinina sebagai obat malaria kala itu.

Tanpa 'kegagalannya' ini, mungkin perkembangan industri pewarna sintetis dan tekstil akan stagnan seperti di abad ke-18 hingga sekarang

Oleh karena itu tak heran jika untuk menghormatinya Google mengangkat Sir William Henry Perkin sebagai temanya di Google Doodle hari ini.

Lantas, bagaimana kisah awal mula Perkin menemukan zat pewarna 'mauvenine' untuk pakaian tersebut?

Halaman
1234
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help