Malang Raya

Harga Cabai Rawit di Kota Malang Terus Naik

#MALANG - Tiga hari terakhir, harga cabai bertengger di kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 75 ribu per kg.

Harga Cabai Rawit di Kota Malang Terus Naik
sri wahyunik
Salima, pedagang cabai merah di Pasar Induk Gadang, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, SUKUN - Harga cabai rawit merah di pasaran Kota Malang terus merangkak naik.

Kenaikan harga cabai rawit merah ini terjadi sejak akhir Februari lalu. Namun tiga hari terakhir, harga per kilonya bertengger di kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 75 ribu.

SURYAMALANG.COM memantau kenaikan harga cabai rawit merah di Pasar Induk Gadang dan Pasar Oro-Oro Dowo. Di Pasar Oro-Oro Dowo, dua hari terakhir harga cabai rawit merah sudah menyentuh Rp 75 ribu per kilogram.

"Per kilonya Rp 75 ribu, sebelumnya Rp 70 ribu. Naik karena stoknya berkurang namun pasokan lancar. Biasanya musim hujan memang stok sedikit," ujar Santoso, pedagang cabai di Pasar Oro-Oro Dowo, Selasa (13/3/2018).

Sedangkan harga cabai rawit merah di PIG sedikit lebih murah dibandingkan harga di pasar lain. PIG merupakan pasar induk di Kota Malang.

Meskipun sebagai pasar induk, harga cabai rawit merah sudah naik beberapa hari terakhir.

"Memang di sini buat kulakan, namun harga cabai rawit memang mahal. Terutama tiga hari terakhir, terus naik. Fluktuasi, naik turun tetapi relatif mahal daripada ketika harga normal," ujar Ny Salima, pedagang cabai di Pasar Induk Gadang.

Saat ini harga cabai rawit di PIG mencapai Rp 60 ribu per Selasa (13/3/2018). Harga ini, kata Salima, sudah turun dibandingkan harga per Senin (12/3/2018) yang mencapai Rp 70 ribu.

"Ketika normal harga cabai rawit itu di kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu," imbuh Salima.

Selain cabai rawit merah, harga cabai merah besar juga berangsur naik. Harga cabai merah besar ini bertengger di angka Rp 50 ribu per Kg, naik dari sebelumnya Rp 40 ribu.

Sementara itu berdasarkan survei inflasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, harga cabai rawit merah ini memicu inflasi di bulan Februari 2018.

Jika harga komoditas pertanian ini terus naik, diprediksi komoditas ini tetap menyumbang inflasi di bulan Maret 2018. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help