Surabaya

Mulai 19 Maret, Ada Perubahan Jalur Keberangkatan Bus di Terminal Purabaya

#SURABAYA - Akan ada perubahan jalur bus, tapi perubahannya seperti apa ya tidak paham. Wong tidak ada penjelasan kok, kata penumpang.

Mulai 19 Maret, Ada Perubahan Jalur Keberangkatan Bus di Terminal Purabaya
suryamalang/m zainuddin
Terminal Purabaya, Surabaya. 

SURYAMALANG,COM, SIDOARJO – Sejumlah calon penumpang bus terlihat berkerumun di dekat eskalator ruang tunggu Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Jumat (16/3/2017).

Mereka di sana bukan untuk antre, tapi mereka menghentikan sejenak perjalanannya demi membaca sebuah pengumuman yang tertulis di baliho besar di sebelah eskalator tersebut.

Mulai pukul 00.00 WB hari Senin tanggal 19 Maret 2018 diberlakukan pemindahan jalur keberangkatan AKDP dan AKAP di Terminal Purabaya. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut silakan bertanya kepada petugas yang berseragam dinas di pos informasi terdekat,” demikian tulisan dalam poster pengumuman itu.

Melihat pengumuman ini, mayoritas pengunjung terminal jelas tidak paham.

“Paham bahwa akan ada perubahan jalur bus, tapi perubahannya seperti apa ya tidak paham. Wong tidak ada penjelasan kok,” kata Suhadi, warga Sidoarjo setelah membaca pengumuman itu.

Hal serupa disampaikan beberapa penumpang bus lainnya. Namun mereka mengaku santai saja, karena perubahan itu belum berlaku.

“Kan tidak sekarang. Nanti kalau ke sini lagi ya tanya saja ke petugas,” kata Khumaidi, juga warga yang sedang di terminal.

Dalam perubahan ini, dinas perhubungan berusaha menata jalur keberangkatan bus menjadi tiga bagian. Di sisi paling timur dipakai untuk bus AKAP (antar kota antar provinsi), sedangkan di tengah dan barat dipakai untuk bus AKDP (antar kota dalam provinsi).

“Bagian paling barat untuk AKDP patas dan tengah untuk AKDP kelas ekonimi,” ungkap Hardjo, Kasubnit Terminal Purabaya.

Dengan penataan ini, terhitung ada sejumlah jalur yang berpindah. Misalnya jurusan Purwokerto, Tasikmalaya, Bandung yang dulunya berada di jalur 14, nanti akan berubah ke jalur 17. Demikian halnya jurusan Solo dan Jogja dulu di gate 11 bakal pindah ke gate 18. Dan jurusan Solo, Magelang dulu jalur 4 pindah ke 20, dan bus jurusan Tuban, Semarang yang dulunya di jalur 4 akan pindah di jalur 21.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved