Surabaya

Inilah Aturan Lengkap Tentang Bawa Power Bank Masuk Pesawat Terbang

POWER BANK. Baca baik-baik aturan baru yang mulai berlaku ini sebelum bawa power bank naik pesawat terbang, daripada disuruh meninggalkan di bandara.

Inilah Aturan Lengkap Tentang Bawa Power Bank Masuk Pesawat Terbang
Tak semua power bank boleh dibawa masuk pesawat terbang. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Belakangan para penumpang di Bandara Juanda Surabaya dibuat kaget. Tak biasanya mereka sampai digeledah untuk mencari bawaan power bank. Setiap penumpang kini dilarang membawa power bank dengan kapasitas daya jam tertentu.

Setiap penumpang yang kedapatan membawa baterai lithium cadangan di atas 20.000 mAh tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam pesawat.

"Kaget, sampai power bank saja diperiksa. Untung power bank saya ukuran kecil," ungkap Fani, penumpang yang hendak ke Lombok, Senin (19/3/2018).

Dia takut kalau petugas Bandara Juanda menyita power bank seperti saat penumpang membawa Korek api. Sebab sampai petugas memeriksa secara detail. Meminta mengeluarkan isi tas.

Saat ini, PT Angkasa Pura mengeluarkan edaran yang ditempel di areal terminal Bandara Juanda. Edaran itu sifatnya memberitahukan akan larangan membawa masuk powebank ukuran besar ke dalam pesawat.

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo Ardi Hanggoro menuturkan bahwa pihaknya harus mematuhi edaran dari pusat. Setiap penumpang disarankan tidak memasukkan power bank ukuran lebih dari 20.000 mAh ke dalam pesawat.

Petugas Avsec Bandara Juanda juga memberikan atensi khusus terkait larangan itu. power bank sudah diperiksa sebelum mereka masuk ruang chek in di Bandara Juanda.

"Tidak dilarang membawa power bank. Namun diatur untuk baterai cadangan ini demi keselamatan penerbangan," kata Yuristo.

Anjuran untuk tidak membawa powrbank kapasitas besar itu sudah pasang di saban sudut terminal bandara. Bahkan di layar monitor juga ditulis anjuran larangan yang sama.

Yuristo menjelaskan bahwa ketentuan bawaan power bank itu memang berlaku internasional. Tujuannya satu untuk menjamin keselamatan penerbangan.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved