Surabaya

VIDEO - Pemuda Asal Probolinggo jadi Kurir 5,5 Kg Sabu-sabu dari Malaysia

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim menembak lalu menangkap Nandi Tri Misyar di Jembatan Suramadu, 6 Maret 2018.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim menembak lalu menangkap Nandi Tri Misyar di Jembatan Suramadu, 6 Maret 2018.

Dia ternyata kurir 5,5 Kg sabu-sabu yang diyakini masuk jaringan narkoba internasional.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan dan pengembangan, tersangka ini (Nadi) memiliki paspor dan sering pergi ke luar negeri. Salah satunya sering ke Malaysia,” kata Kepala BNN Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso Bambang di kantor BNNP Jatim, Surabaya, Senin (19/3/2018).

Menurut Bambang, penyidik masih mendalami dan mengembangkan kasus ini. Tersangka merupakan jaringan internasional yang terlibat dalam penyelundupan narkoba antar negara. Tersangka masuk jaringan Malaysia-Indonesia.

“Sabu ini berasal dari Kepulauan Riau, ya itu sabu yang berasal dari luar negeri,” tutur Bambang.

Sabu 5,5 Kg yang dibawa tersangka, lanjut Bambang, dibawa ke Jawa Timur melalui jalur laut.

Tersangka yang berasal dari Dusun Dauh, Probolinggo ini membawa sabu dari Kepulauan Riau menuju Tanjung Perak Surabaya dan hendak dibawa ke Madura.

“Rencananya sabu-sabu itu akan diedarkan di Jatim, tapi kami tangkap di Jembatan Suramadu,” cetus Bambang.

Tersangka Nandi mengaku mendapat komisi Rp 30 juta dalam sekali antar sabu ke Jatim. Rencananya sabu itu akan diserahkan ke seseorang yang memesannya.

“”Saya dijanjikan bayaran Rp 30 juta setelah mengantarkan barang (sabu),” aku Nandi.

Dia mengakui, sabu itu milik seseorang di Malaysia dan akan diedarkan ke Jatim.

Selain menyita 5,5 Kg sabu, petugas BNN juga menyita uang tunai Rp 139 ribu, satu HP, satu buah paspor milik tersangka, dan satu tas ransel. 

Tersangka bakal dijerat Pasal 114, Ayat 2 junto Pasal 132, Ayat 1, atau Pasal 112, Ayat 2 junto Pasal 132 ke-1, Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Penulis: fatkhulalami
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved