SuryaMalang/

Cilacap

Atraksi Pesawat TNI AU Berakhir Tragis, Kolonel MJ Hanafie Meninggal Dunia

#CILACAP - Pesawat latih TNI AU jatuh saat atraksi aerobatik dan menimpa pesawat lain. Pilotnya dilaporkan meninggal dunia.

Atraksi Pesawat TNI AU Berakhir Tragis, Kolonel MJ Hanafie Meninggal Dunia
KOMPAS.com/Dok Bandara Tunggul Wulung
Sebuah pesawat latih berjenis Super Decathlon mengalami kecelakaan saat mempraktikkan aerobatik di Bandara Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018). 

SURYAMALANG.COM, CILACAP - Dunia dirgantara militer kembali berduka. 

Kali ini, pesawat latih Super Decathlon celaka saat beraksi aerobatik di Bandara Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018).

Pilot pelatih bernama Kolonel Penerbang MJ Hanafie (49) dilaporkan tewas dalam insiden yang terjadi pukul 15.25 WIB.

Komandan Landasan Udara Panglima Besar Soedirman, Purbalingga, Letnan Kolonel Penerbang Putu Sucahyadi mengatakan, pesawat dengan nomor registrasi PK-RTZ merupakan pesawat milik Akademi Penerbangan Genesa.

"Hanya pilot, tidak ada korban jiwa maupun luka yang lain," katanya.

Dalam kronologinya, Putu menjelaskan, Hanafie yang merupakan anggota aktif TNI AU tersebut tengah melakukan uji terbang dalam rangka persiapan wisuda Akademi Penerbangan Genesa.

Namun pada saat melakukan gerakan aerobatik, pesawat yang dipiloti oleh korban terbang terlalu rendah dan menabrak pesawat yang terparkir di depan apron dan hanggar milik Sekolah Penerbangan Angkasa.

"Dari data yang kami peroleh, tujuh pesawat latih, termasuk yang dipiloti oleh korban mengalami rusak berat, berikut bangunan hanggar milik Sekolah Penerbangan Angkasa di kompleks bandara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Tunggul Wulung, Denny Ariyanto mengatakan, pihaknya memastikan pesawat Super Decathlon pabrikan Amerika yang dikendalikan Hanafie layak terbang.

Untuk mengetahui penyebab utama kecelakaan, Polres Cilacap dan pihak Bandara masih menunggu investigasi bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Pihak kepolisian di sini hanya bertugas untuk mengamankan TKP, sementara investigasi akan dilakukan oleh KNKT yang besok (21/3/2018)," ujar Kapolres Cilacap, Ajun Komisaris Besar Djoko Julianto.

Seorang warga RT 6 RW 10, Rasiman (45) yang melihat langsung kejadian tersebut mengatakan, suara dentuman yang timbul akibat kecelakaan tersebut terdengar hingga radius ratusan meter.

"Keras banget suara (dentuman), tidak terbakar, cuma keluar asap hitam di depan hanggar pesawat," katanya saat ditemui di sekitar lokasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Latih Jatuh Menimpa Pesawat Lain, Satu Pilot Tewas", https://regional.kompas.com/read/2018/03/20/22502691/pesawat-latih-jatuh-menimpa-pesawat-lain-satu-pilot-tewas.

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help