SuryaMalang/
Home »

Techno

» News

Universitas Brawijaya

Kampanye Open Source, Peluang Menjadi Technopreneur

Software Open Source memberi udara segar di Indonesia dengan memungkinkan penggunaa software legal tanpa biaya lisensi.

Kampanye Open Source, Peluang Menjadi Technopreneur
superiorwallpapers
ILUSTRASI - Karikatur yang menggambarkan maskot Linux dan Unix membakar peranti berbasis Windows. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - PT Equinix Business Solutions, penyedia layanan teknologi informasi berbasiskan open source seperti PostgreSQL dan Linux menggelar kampanye edukasi di beberapa kampus di Jawa Timur. Tema kampanye itu adalah Sosialisasi Bisnis Berbasiskan Teknologi IT Menggunakan Sofrware Open Source.

Kampanye edukasi ini bertujuan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para mahasiswa. Mahasiswa disasar karena dinilai sebagai regenerasi yang tepat untuk menjadi technopreneur.

"Kami memahami lingkungan pendidikan tinggi perlu mengetahui apa yang yang terjadi di dunia bisnis saat ini. Banyak sekali perubahan," ujar Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions, Kamis (22/3/2018).

Julyanto menambahkan, Indonesia membutuhkan bayak sarjana yang bersedia melakukan riset secara mendalam dan pengembangan software open source sehingga memampukan kemandirian dalam hal solusi dan sumber daya IT.

KAMPANYE EDUKASI - CEO PT Equnix Bussiness Solutions, penyedia layanan teknologi informasi berbasiskan Open Source seperti PostgreSQL dan Linux, Julyanto Sutandang menjelaskan program kampanye edukasi di Inggil Resto Kota Malang, Kamis (22/3/2018). PT Equnix Business Solutions mengadakan roadshow kampanye edukasi open source di sejumlah kampus di Malang untuk memperkenalkan dan membangun kreatifitas yang dapat mendorong mahasiswa menjadi technopreneur melalui kerjasama pelatihan, mentoring, dan magang serta peluang membangun jaringan lembaga riset berbasis Open Source.
KAMPANYE EDUKASI - CEO PT Equnix Bussiness Solutions, penyedia layanan teknologi informasi berbasiskan Open Source seperti PostgreSQL dan Linux, Julyanto Sutandang menjelaskan program kampanye edukasi di Inggil Resto Kota Malang, Kamis (22/3/2018). PT Equnix Business Solutions mengadakan roadshow kampanye edukasi open source di sejumlah kampus di Malang untuk memperkenalkan dan membangun kreatifitas yang dapat mendorong mahasiswa menjadi technopreneur melalui kerjasama pelatihan, mentoring, dan magang serta peluang membangun jaringan lembaga riset berbasis Open Source. (SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)

Kebutuhan tenaga IT di Indonesia terus meningkat seiring kian bertumbuhnya perusahaan rintisan atau startup dan e-commerce. Namun banyak tenaga ahli yang berasal dari luat negeri.

"Kampanye edukasi Open Source ini diharapkan membuat mahasiswa memiliki pemahaman tentang keunggulan software open source dan SDM IT," ujar Dr Eng Herman Tille, Kepala Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Software Open Source memberi udara segar di Indonesia dengan memungkinkan penggunaa software legal tanpa biaya lisensi. Keuntungan menggunakan teknologi berbasis Open Source adalah kemandirian dan tak ada ketergantungan. Apalagi teknologi ini adalah buatan dalam negeri. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help