Surabaya

Kisah Anak Surabaya yang Gandrung K-Pop sekaligus Wayang Jawa

Tita yang juga menggilai K-Pop ini mengatakan bahwa budaya Jawa itu bukan sesuatu yang kuno dan kampungan.

Kisah Anak Surabaya yang Gandrung K-Pop sekaligus Wayang Jawa
pipit maulidiya
Seleksi Dalang Bocah oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Kebun Binatang Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Titarizky (12) tampak asik mengayunkan tokoh pewayangan Buto Ijo di hadapannya, kala seleksi Dalang Bocah oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Kebun Binatang Surabaya.

Peserta nomor 9 itu membawakan legenda seorang anak baik hati, Timun Mas yang berhasil mengalahkan kejahatan Buto Ijo.

Tidak ada keraguan bagi perempuan kecil ini menggerakkan masing-masing lakon. Sudah bak dalang profesional, menggambarkan suasana genting dan bahagia dalam cerita.

Sementara para orangtua dan pengunjung KBS yang menonton, mengacungkan ponsel untuk mengabadikan foto dan video penampilan peserta Dalang Bocah.

Usai menunaikan tugasnya; Tita turun panggung disambut tepuk tangan. Dia yang terlihat ayu menggunakan setelan batik, kebaya, serta sanggul ini pun disambut senyum sang bunda.

Bocah yang kini sedang bersekolah di SMPN 1 Surabaya itu mengaku sempat nervous.

"Lumayan deg-degan, soalnya belajar jadi dalang ini baru. Sebelumnya saya fokus karawitan dan penabuh," akunya yang sudah belajar di dunia wayang sejak 3 tahun lalu ini.

Menurut Tita seleksi dalang menjadi salah satu yang harus dia coba di dunia pewayangan, meski sebenarnya dia menguasai karawitan.

"Mumpung masih muda, jadi mencoba banyak hal supaya pengalaman banya. Terus ini kan bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa jadi aku sebagai orang Indonesia harus bangga bisa menguasai budaya leluhur," kata bocah yang murah senyum ini.

Tita yang juga menggilai K-Pop ini mengatakan bahwa budaya Jawa itu bukan sesuatu yang kuno dan kampungan. Melainkan sesuatu yang berharga karena mengandung nilai-nilai moral.

Halaman
123
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved