Bangkalan

Polres Bangkalan Kekurangan Personel

#BANGKALAN - Hingga tahun ini, anggota polres berjumlah 630 personel atau masih kurang separuh dari kekuatan ideal.

Polres Bangkalan Kekurangan Personel
Ahmad Faesol
Lulusan Bintara Umum Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto yang ditugaskan di Polres Bangkalan memperagakan yel-yel Polri di hadapan para pendaftar anggota polisi di Aula MAN, Jumat (13/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, BANGKALAN - Perbandingan luas wilayah dan jumlah penduduk Bangkalan tidak sebanding dengan kekuatan personel Polres Bangkalan, Madura.

Hingga tahun ini, anggota polres berjumlah 630 personel atau masih kurang separuh dari kekuatan ideal.

Jumlah kekuatan personel itu harus mampu meng-cover wilayah Bangkalan seluas 1.260,14 kilometer persegi dengan populasi sekitar 1,3 juta (2016).

"DSP (Daftar Standar Personel) nya adalah sebanyak 1.300 personel. Sekarang masih 630 personel, kurang dari formasi ideal," ungkap Kapolres Bangkalan AKBP Bobi Paludin Tambunan usai Pemeriksaan Awal dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Anggota Polri di Aula MAN Bangkalan, Jumat (13/4/2018).

Selain minimnya kekuatan personel, lanjutnya, keberadaan kendaraan-kendaraan personel sebagai penunjang operasional juga belum ideal.

"Seiring berjalannya waktu, secara fungsi kendaraan-kendaraan yang ada sudah berkurang," jelasnya.

Berdasarkan hasil verifikasi pendaftaran di Jatim sejak 26 Maret hingga sekarang, tercatat sebanyak 5.870 pendaftar ulang.

Mereka terdiri dari pendaftar Akpol sejumlah 556 orang, Bintara PTU sejumlah 5.252 orang, Bintara TI sejumlah 40 orang, dan Bintara Kimia sejumlah 22 orang.

Sebelumnya, Polres Bangkalan baru saja mendapat tambahan 14 lulusan Bintara Umum Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto.

Sedangkan pendaftaran melalu Polres Bangkalan tahun terhitung sebanyak 109 orang dengan komposisi 16 pendaftar Akpol, 86 pendaftar Bintara, dan sisanya pendaftar jalur Tamtama.

"Semoga mereka bisa lulus semua dan mengabdi di Bangkalan," pungkas Bobi.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help