Pasuruan

Safari Tiga Pilar Plus untuk Cek dan Asistensi Kesiapan Pilkada di Pasuruan

#PASURUAN - Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, Dandim Pasuruan Letkol Inf Mulliadi.

Safari Tiga Pilar Plus untuk Cek dan Asistensi Kesiapan Pilkada di Pasuruan
galih lintartika
Polres Pasuruan mulai melakukan pengecekan dan asistensi kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, baik di tingkat Provinsi ataupun Kabupaten di Indonesia. Kegiatan ini dikemas dalam Safari 3 Pilar Plus di Lapangan Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (13/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Polres Pasuruan mulai melakukan pengecekan dan asistensi kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, baik di tingkat Provinsi ataupun Kabupaten di Indonesia. Kegiatan ini dikemas dalam Safari 3 Pilar Plus di Lapangan Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (13/4/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, Dandim Pasuruan Letkol Inf Mulliadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Agus Setiadji, Ketua KPU Winaryo Sujoko, Ketua Panwaslu yang diwakili Komisioner Panwaslu Divisi Penindakan dan Penegakan Hukum Nasrup, dan beberapa tamu lainnya.

Acara ini dimulai dengan silaturahim tiga pilar plus, dilanjutkan dengan apel gelar pasukan. Setelah itu, masing - masing unsur tiga pilar ini mengecek kesiapannya di internalnya sendiri. Rencananya, safari 3 pilar plus ini akan dilakukan di masing - masing kecamatan yang akan melaksanakan pilkada. Minimal, satu minggu sekali dua kali dilakukan pengecekan dan asistensi.

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, asistensi ini meliputi ada empat item. Ada Man, Money, Methode, dan Materil. Ia menjelaskan, Man ini kaitannya dengan kesiapan personel dalam pengamanan pilkada. Money, kaiatannya dengan kesiapan anggaran yang sudah disiapkan Pemkab Pasuruan dalam pelaksanaan Pilkada

Dikatakan, untuk Methode, kaitannya dengan asistensi metode apa yang akan digunakan dalam pengamanan pilkada. Sedangkan , untuk materil kaitannya dengan kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan pada pesta demokrasi atau pilkada nanti.

"Fungsinya, kami kngin memastikan bahwa semuanya sudah siap. Dari hal sampai kecil sudah siap dengan baik. Sekalipun nanti ada yang belum siap atau kurang tepat, bisa terdeteksi secara dini. Jadi, akan diperbaiki. Harapannya, Pilkada Pasuruan ini berjalan damai bersama Polri dan unsur 3 pilar plus," kata dia.

Tiga pilar plus ini, kata Raydian, terdiri dari TNI, Polri, Pemda, dan plusnya ini KPU dan Panwaslu. Ia menjelaskan, harapan lainnya dari safari ini, unsur tiga pilar plus bisa menguasai infornasi yang beredar di masyarakat. Dia mengharap bantuan toga, tomas dan toda untuk bersama-sama menjaga kondusifitas.

"Marilah bersama-sama mengantisipasi potensi kerawanan dalam Pilkada Kabupaten Pasuruan. Kami juga akan melaksanakan patroli cyber untuk melawan dan memberantas hoax yang berkaitan dengan pilkada, isu sara dan hate speech," tambah dia.

Mantan Kapolres Lumajang ini mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan unsur tiga pilar plus ini. Ia berharap kapolsek jajaran untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Forkopimka. "Diharapkan 3 Pilar untuk tajam ke bawah untuk mengasistensi ini. Kami akan pastikan distribusi logistik akan berjalan lancar, kekuatan pengamanan akan kami tingkatkan. Kami juga akan melakukan pengecekan sarana dan prasarana," jelasnya.

Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Setiadji menjelaskan, kegiatan pilkada inj sangat menarik dan menunjukkan bahwa semua mengantisipasi pelaksanaan Pilkada. Pesan kepada masyarakat bahwa pemerintah tidak main-main dalam mempersiapkan pesta rakyat ini. "Kami siap mendukung program safari tiga pilar ini," tutup Agus.

Tags
Pasuruan
Penulis: Galih Lintartika
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help