Blitar

Siswa di Blitar Diimbau Jaga Stamina Jelang UNBK SMP

#BLITAR - Dinas Pendidikan Kota Blitar siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP dan MTs.

Siswa di Blitar Diimbau Jaga Stamina Jelang UNBK SMP
istimewa
ILUSTRASI - Simulasi UNBK SMP. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Dinas Pendidikan Kota Blitar siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP dan MTs. Sebanyak 25 SMP dan MTs di Kota Blitar akan melaksanakan ujian nasional menggunakan komputer pada 23-26 April 2018.

"Persiapan sudah selesai 100 persen, sekarang tinggal menunggu hari H pelaksanaan ujian. Kami minta siswa agar tidak terlalu capek saat menjelang ujian," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Musto Wilik, Jumat (13/4/2018).

Sebanyak 25 lembaga itu berasal dari SMP/MTs negeri dan SMP/MTs swasta di Kota Blitar. Rinciannya ada sembilan SMP negeri, 10 SMP swasta, dua MTs negeri, dan empat MTs swasta. Jumlah peserta UNBK SMP sebanyak 3.921 siswa.

Dari 25 sekolah itu, sebanyak 14 SMP dan MTs sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Sedangkan sisanya sebanyak 11 sekolah melaksanakan UNBK dengan cara menumpang di sekolah lain. Dinas bekerja sama dengan beberapa SMK swasta untuk pelaksanaan UNBK sebagian SMP.

Khusus untuk SMP negeri, baru lima sekolah dari sembilan sekolah yang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Lima sekolah yang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri, yakni, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 8, dan SMPN 9.

Sedangkan untuk SMPN 3, SMPN 5, SMPN 6, dan SMPN 7, melaksanakan UNBK dengan cara numpang ke lembaga lain. Sesuai rencana, SMPN 3 akan melaksanakan UNBK di SMKN 3, SMPN 5 di SMK Katholik, SMPN 6 dan SMPN 7 melaksanakan UNBK di SMK Islam.

Dinas juga meminta masing-masing sekolah yang sudah melaksanakan UNBK secara mandiri untuk menyiapkan jenset. Jenset ini untuk mengantisipasi jika terjadi listrik padam saat pelaksanaan ujian berlangsung.

"Terpenting lagi, sekarang para siswa yang akan mengikuti UNBK harus menjaga stamina. Mereka jangan terlalu capek saat menjelang pelaksanaan ujian. Kalau secara teknis, persiapan kami sudah selesai," kata Wilik. 

Tags
Blitar
Penulis: Samsul Hadi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help