Amerika dan Sekutunya Serang Suriah, Arab Saudi dan Turki Justru Mendukung

Arab Saudi mendukung penuh serangan AS, Perancis, dan Inggris terhadap Suriah karena mereka merespons kejahatan rezim (Assad).

Amerika dan Sekutunya Serang Suriah, Arab Saudi dan Turki Justru Mendukung
GEORGE OURFALIAN
Sambil mengibarkan bendera nasional dan membawa foto Presiden Bashar al-Assad, rakyat Suriah berkumpul di lapangan Saadallah al-Jabiri, Aleppo, Sabtu (14/4/2018) untuk mengecam serangan AS dan sekutunya terhadap negeri itu. 

SURYAMALANG.COM, RIYADH - Pemerintah Arab Saudi, Sabtu (14/4/2018), menyatakan dukungan penuh terhadap serangan AS dan sekutunya terhadap Suriah.

Pemerintah Saudi mengatakan, serangan udara tersebut merupakan respons terhadap kejahatan rezim Bashar al-Assad terhadap warga sipil.

"Arab Saudi mendukung penuh serangan yang dilakukan AS, Perancis, dan Inggris terhadap Suriah karena mereka merespons kejahatan rezim (Assad)," demikian pernyataan Kemenlu Arab Saudi.

Pernyataan yang dikabarkan kantor berita SPA itu menambahkan, serangan Sekutu dipicu aksi Suriah menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak.

Dukungan juga datang dari Turki yang menyebut serangan AS dan sekutunya merupakan "respons tepat" terhadap perilaku rezim Suriah.

"Kami menyambut baik operasi ini yang memperlihatkan kesadaran rasa kemanusiaan terkait serangan di Douma yang patut diduga dilakukan rezim Suriah," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

"Turki menilai operasi yang dilakukan pagi ini merupakan respons yang tepat terhadap serangan senjata kimia yang menewaskan warga sipil di Douma pada 7 April lalu," lanjut Kemenlu Turki.

Sementara itu, Wakil PM Turki Bekir Bozdag menegaskan, serangan terhadap Suriah itu tidak dilakukan dari pangkalan AU Incirlik.

"Turki sudah mendapatkan informasi soal rencana serangan. Namun, Incirlik tidak digunakan untuk serangan tersebut," kata Bozdag.

Turki merupakan penentang rezim Presiden Bashar al-Assad dan mendukung kelompok pemberontak yang berusaha mendongkel sang presiden.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arab Saudi dan Turki Dukung Serangan AS ke Suriah", https://internasional.kompas.com/read/2018/04/14/19311781/arab-saudi-dan-turki-dukung-serangan-as-ke-suriah.

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help