Trump Memuji Serangan Udara ke Suriah, Indonesia Prihatin

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memuji serangan udara terhadap Suriah yang digelar bersama Inggris dan Perancis.

Trump Memuji Serangan Udara ke Suriah, Indonesia Prihatin
Twitter
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. 

SURYAMALANG.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Sabtu (14/4/2018), memuji serangan udara terhadap Suriah yang digelar bersama Inggris dan Perancis.

"Sebuah serangan yang dilaksanakan dengan sempurna. Terima kasih untuk Perancis dan Inggris atas kebijakan dan kemampuan militer mereka yang luar biasa," kata Trump lewat akun Twitter-nya.

"Hasil operasi ini amat baik. Misi sudah terlaksana!" tambah Trump.

Setelah menyebut serangan senjata kimia di kota Douma pekan lalu sebagai "kejahatan seorang monster", Trump memerintahkan serangan militer terhadap Suriah pada Jumat (13/4/2018) malam.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan, sejauh ini belum terdapat rencana untuk menggelar serangan lanjutan.

Pada 2003, Presiden AS George Bush mengumumkan berakhirnya operasi tempur di Irak di atas sebuah kapal induk yang baru kembali dari kawasan Teluk, sebuah deklarasi yang kemudian terbukti prematur.

Terpisah, pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan prihatin dengan perkembangan situasi di Suriah, setelah Amerika Serikat dan sekutunya, Inggris, dan Prancis, meluncurkan serangan udara ke negara tersebut.

Indonesia mengimbau kepada semua pihak untuk dapat mencegah semakin memburuknya kondisi di Suriah, usai serangan balik tersebut.

"Indonesia sangat prihatin dengan perkembangan yang terjadi di Suriah. Indonesia mengimbau agar semua pihak menahan diri dan mencegah terjadinya eskalasi memburuknya situasi di Suriah," kata Retno Marsudi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/4/2018).

"Minggu lalu, Indonesia menyampaikan kecaman keras penggunaan senjata kimia di Suriah oleh pihak manapun," tambahnya.

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help