Malang Raya

Kepala Sekolah SMPN 4 Kepanjen Enggan Keluarkan SK Komite Baru

Dikhawatirkan, bila SK untuk Komite baru dikeluarkan tapi SK Komite sebelumnya belum dicabut maka Komite Sekolah SMPN 4 Kepanjen bisa dobel.

Kepala Sekolah SMPN 4 Kepanjen Enggan Keluarkan SK Komite Baru
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
FOTO ARSIP - Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Malang, Unggul Nugroho (kanan) bersama Kadindik Kabupaten Malang, M Hidayat sebelum rapat tertutup terkait kemelut SMPN 4 Kepanjen, Rabu (21/3/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Persoalan Kepala Sekolah SMPN 4 Kepanjen Malang dengan Komite Sekolah ternyata belum selesai. Ini setelah Kasek SMPN 4 Kepanjen merasa tidak mungkin dapat mengeluarkan dua SK untuk Komite Sekolah.

Kasek SMPN 4 Kepanjen, Suburiyanto mengatakan, pihaknya belum bisa mengeluarkan SK untuk pengurus Komite baru yang pembentukannya difasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebelum ada pencabutan SK Komite SMPN 4 yang dikeluarkanya.

Dikhawatirkan, bila SK untuk Komite baru dikeluarkan tapi SK Komite sebelumnya belum dicabut maka Komite Sekolah SMPN 4 Kepanjen bisa dobel.

"Ini yang membuat kami bingung dan repot. Karena SK Komite sebelumnya bila dicabut tanpa alasan kuat bisa menimbulkan masalah, sementara Komite baru juga mendesak segera ada SK pengesahan," kata Suburiyanto.

Dijelaskan Suburiyanto, pihaknya mengharapkan adanya rapat koordinasi dengan Dindik yang memfasilitasi pembentukan Komite baru SMPN 4 Kepanjen.

Karena hingga sekarang belum ada surat pemberitahuan resmi yang diterimanya baik dari Dindik maupun dari pengurus Komite baru yang pembentukannya difasilitasi Dindik. Dan hanya informasi telah terbentuknya Komite baru masih sebatas lisan dan dari WhatsApp yang diterima Kasek SMPN 4 Kepanjen.

"Untuk itu, kami mengharapkan ada surat pemberitahuan resmi atau ada rapat koordinasi lagi terkait pembentukan komite baru, dan bagaimana dengan komite yang ada telah memiliki SK sebelumnya itu," ucap Suburiyanto.

Sebenarnya, dikatakan Suburiyanto, sejak awal pihaknya mengharapkan Dindik memfasilitasi Komite yang sudah ada sebelumnya dan telah memiliki SK. Karena pembentukan Komite sebelumnya telah sesuai dan memenuhi aturan Pemendikbud nomor 75 tahun 2016. Namun yang terjadi Komite sebelumnya belum resmi dicabut SK pengesahanya dan disusul dibentuk Komiti baru yang difasilitasi Dindik.

"Ya beginilah akhirnya yang terjadi. Kami tidak bisa begitu saja mencabut SK Komite sebelumnya dan mengeluarkan SK Komite baru. Jadi bukannya kami menolak Komite baru SMPN 4 yang difasilitasi Dindik," tandas Suburiyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, M Hidayat mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah tidak ikut campur dan intervensi soal Komite Sekolah dan Kasek SMPN 4 Kepanjen. Namun untuk melanjutkan langkah fasilitasi terbentuknya Komite baru SMPN 4 Kepanjen hasil musyawarah Wali Murid SMPN 4 sesuai Permendikbud maka pihaknya siap mengirim surat pemberitahuan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help