Malang Raya

Rekam Jejak untuk Telusuri Kekayaan Tiga Calon Rektor Universitas Brawijaya Malang

Karena itu, skedul pilrek UB periode 2018-2022 untuk suara dari Menristekdikti belum bisa dilaksanakan pada 18 April 2018 mendatang.

Rekam Jejak untuk Telusuri Kekayaan Tiga Calon Rektor Universitas Brawijaya Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Universitas Brawijaya (UB) Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Rekam jejak terhadap tiga calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang yaitu Prof Dr Ir M Bisri MS, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani, dan Dr Ir Osfar Sofjan MSi dilakukan untuk penelusuran kekayaan pribadi mereka.

Karena itu, skedul pilrek UB periode 2018-2022 untuk suara dari Menristekdikti belum bisa dilaksanakan pada 18 April 2018 mendatang.

Prof Dr Ir Abdul Latief Abadi MS, Sekretaris Pilrek UB kepada SURYAMALANG.COM menyatakan Menristek meminta dilakukan proses itu ke PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan).

Ini adalah lembaga independen untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. Ia menduga proses rekam jejak di PPATK sudah mencapai 10 hari. Sedang paling cepat selesai sekitar dua pekan.

"Tapi yang di PPATK kan tidak hanya calon rektor UB. Tapi juga pejabat lainnya, seperti calon kepala daerah, " papar dia.

Sedang surat pelaporan panitia ke kemenristeksikti sudah disampaikan lebih satu bulan lalu.

Dikatakan dia, saat pendaftar, para calon itu juga sudah menyertakan laporan kekayaan pribadi. Sebagai pejabat, mereka memang harus periodik melaporkan ke KPK.

Apakah ada lonjakan signifikan kekayaan pribadi dari sebelum menjabat dan selama menjabat.

"Data kekayaan pribadi itu dulu merupakan salah satu syarat mendaftar saat penjaringan bakal calon rektor UB lalu," kata Latief.

Kemudian laporan dari senat UB terkait pelaksanaan pilrek lalu disampaikan ke Menristekdikti. Dari Menristekdikti kemudian ada permintaan penulusuran kekayaan pribadi carek.

Karena itu panitia memilih menunggu pemberitahuan menteri mengenai kepastian tanggal pelaksanaan pilrek UB.

Incumbent rektor saat ini akan habis masa baktinya pada 19 Juni 2018. M Bisri merupakan Rektor UB periode 2014-2018.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help