SuryaMalang/

Surabaya

110.946 Peserta Lolos SNMPTN, Hal Inilah yang Wajib Dilakukan Para Calon Mahasiswa

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 110.946 siswa.

110.946 Peserta Lolos SNMPTN, Hal Inilah yang Wajib Dilakukan Para Calon Mahasiswa
SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Rektor Unair, Prof Moh Nasih, menjelaskan prosedur melihat pengumuman SNMPTN, Selasa (17/4/2018) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2018 telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 hari ini Selasa, (17/4/2018)

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 110.946 siswa. Termasuk 28.069 siswa dari peserta Bidikmisi

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari jumlah pendaftar sebanyak 586.155 siswa.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Moh Nasih mengungkapkan tahun ini Unair menerima 1.658 siswa dari jalur SNMPTN, 370 di antaranya merupakan penerima bidikmisi. Jumlah ini merupakan 32 persen dari keseluruhan penerimaan di Unair.

Setelah proses penerimaan ini, siswa yang diterima diharapkan segera melakukan pre registrasi ulang.

"Yang tidak lolos masih bisa mendaftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri), karena tidak mungkin juga semuanya masuk melalui jalur SNMPTN," urainya, Selasa (17/4/2018).

Hingga petang ini, jumlah pendaftar SBMPTN di Panlok 50 Surabaya baru mencapai 9.355. Lonjakan pendaftar SBMPTN diperkirakan akan terjadi mulai besok, Rabu (18/4/2018), setelah pengumuman SNMPTN.

“Yang sudah diterima SNMPTN wajib melakukan pre registrasi dengan mengisi biodata diri dan harus datang pada Mei mendatang untuk datang ke kampus. Jadi yang diterima SNMPTN tidak boleh undur diri dan mengikuti ujian SBMPTN,” tandasnya.

Humas SNMPTN Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, Siti Machmudah mengungkapkan pendaftar yang diterima ITS sebanyak 1.296, sebanyak 146  diantaranya mendaftar melalui jalur bidikmisi. 

Setelah diterima melalui jalur SNMPTN, calon mahasiswa harus melakukan registrasi Online.

Yaitu dengan mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui laman http://sipmaba.its.ac.id. Mulai tanggal 19 sampai dengan 27 April 2018.

"Khusus untuk calon mahasiswa yang diterima di Prodi yang mensyaratkan tidak boleh buta warna diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan di Medical Centre ITS. Pada tanggal 4 dan 7 Mei 2018 sesuai jadwal yang didapat ketika registrasi online,"katanya.

Beberapa jurusan yang mewajibkan tidak buta warna antara lain Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika, Arsitektur, Desain Produk, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual.

Sementara itu, untuk verifikasi portofolio diberlakukan pada calon mahasiswa yang diterima di Prodi Desain Produk, Desain Interior atau Desain Komunikasi Visual. Mereka harus mengumpulkan portofolio di Gedung Desain Produk Industri,pada 4 Mei 2018 pukul 08.00 WIB.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help