SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Tahun 2018, Sebanyak 19 Desa di Kota Batu Harus 'Naik Kasta' sebagai Desa Mandiri

ebanyak 19 Desa di Kota Batu mendapat predikat desa berkembang dan desa maju, yakni dengan rincian tujuh desa Berkembang dan 12 desa maju.

Tahun 2018, Sebanyak 19 Desa di Kota Batu Harus 'Naik Kasta' sebagai Desa Mandiri
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sebanyak 19 Desa di Kota Batu mendapat predikat desa berkembang dan desa maju, yakni dengan rincian tujuh desa Berkembang dan 12 desa maju.

Tujuh desa berkembang adalah Tlekung, Sumberejo, Torongrejo, Bulukerto, Sumbergondo, Giripurno, dan Sumberbrantas.

Sedangkan 12 desa maju ialah Oro-oro ombo, Pesanggrahan, Sidomulyo, Junrejo,Mojorejo, Beji, Pendem, Pandanrejo, Bumiaji, Gunungsari, Punten, Tulungrejo.

Tahun ini 19 desa itu ditargetkan untuk mendapat predikat desa mandiri.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, mendapat predikat desa berkembang dan desa maju itu sudah cukup baik untuk Kota Batu.

"Targetnya kami memang mendapatkan predikat desa mandiri. Dengan banyak cara, mengembangkan SDM nya, membuat desa itu mampu mengelola anggaran Dana Desa (DD) dengan baik," kata Punjul, Selasa (17/4/2018).

Ia mengungkapkan, pengelompokan status desa ini berdasarkan hasil yang telah dilakukan desa sejauh ini. Apakah pengelolaan SDM nya bisa merata, pemanfaatan anggaran bisa terserap, lalu bisa menghasilkan pendapatan.

Tidak cukup itu, desa juga perlu memperbaiki cara bagaimana mengembangkan potensi wisata. Lalu juga memenuhi fasilitas kebutuhan di desa itu. Serta mampu mengelola kebutuhan dan mampu membedakan penggunaan anggaran.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help