Hotel Tugu Pamerkan Batik dan Perhiasan

Kecantikan batik dan perhiasan berbahan perak tersaji di Hotel Tugu Kota Malang melalui pameran 'Contemporary Batik & Silver Jewelry Exhibit'.

Hotel Tugu Pamerkan Batik dan Perhiasan
hayu yudha prabowo
Pramuniaga menata aneka perhiasan perak dalam pameran bertajuk Silver Jewelry Exhibition di Ruang Tirta Gangga, Hotel Tugu, Kota Malang, Selasa (17/4/2018). Pameran untuk memeriahkan HUT Ke 104 Kota Malang yang berlangsung hingga 24 April 2018 ini menjual perhiasan perak dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kecantikan batik dan perhiasan berbahan perak tersaji di Hotel Tugu Kota Malang melalui pameran 'Contemporary Batik & Silver Jewelry Exhibit'. Kegiatan yang dibuka mulai Selasa (17/4/2018) ini akan digelar hingga Selasa (24/4/2018).

Batik yang ditampilkan di pameran itu antara lain batik motif khas Jawa Tengah, juga ada batik motif Malangan. Ada 1.100 koleksi kain batik dari 28 perajin yang bisa dinikmati di pameran itu. Ada delapan orang perajin batik di Malang Raya yang dilibatkan dalam pameran itu.

Pameran batik dan perhiasan itu merupakan kegiatan tahunan Hotel Tugu untuk memperingati HUT Kota Malang. Tahun ini merupakan HUT Kota Malang ke-104.

"Tahun ini lebih banyak perajin dari Malang yang dilibatkan. Lebih banyak karya mereka ditampilkan," ujar Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang Crescentia Harividyanti, Rabu (18/4/2018).

Koleksi kain dan perhiasan ditata rapi di ruang Tirta Gangga. Untuk koleksi batik Malangan, rata-rata menyuguhkan motif batik yang lebih sederhana namun tak kalah cantik dengan motif dari daerah lainnya.

Motif batik Malangan tak serumit batik pekalongan ataupun khas Jawa Tengahan. Kebanyakan motif yang digunakan seperti Candi Singhasari, pohon bambu, pohon randu, hingga topeng Malangan.

Sedangkan dari pewarnaan, batik Malangan diselingi corak warna cerah tidak hanya warna lembut seperti coklat dan hijau alam.

"Bisa dikatakan batik Malangan itu kontemporer, yang mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan kecintaan anak muda. Sebab saat ini batik disukai anak-anak muda," lanjutnya. Kain batik yang dipamerkan dibanderol di harga mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 20 juta.

Selain batik, pameran ini juga menyuguhkan banyak perhiasan perak bernuansa tradisional hingga modern. Perhiasan itu antara lain gelang, kalung, dan cincin. Harga perhiasan itu antara Rp 200 ribu hingga Rp 4 juta. Ratusan perhiasan yang dipamerkan berasal dari delapan perajin perhiasan antara lain juga dari Malang Raya.

"Kegiatan ini selain untuk memperingati HUT KOta Malang, juga untuk ikut melestarikan batik, serta perhiasan atau aksesoris yang mempercantik penampilan berkain," pungkasnya.

Tags
Hotel Tugu
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help