Surabaya

Kalau Motor atau Mobil Hilang di Lokasi Parkir Resmi, Serendah ini Santunannya

Awas Mobil Parkir Rusak dan Kejatuhan Pohon Tak Diganti. Mobil Hilang Diganti Rp 15 Juta, Motor 5 Juta

Kalau Motor atau Mobil Hilang di Lokasi Parkir Resmi, Serendah ini Santunannya
Facebook.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Bagi warga Surabaya yang mendapati mobil mereka hilang di tempat parkir resmi yang dikelola Pemkot Surabaya, pemilik berhak atas semacam santunan. Besarannya sekitar Rp 15 juta. 

Santunan yang sama juga berlaku untuk motor yang hilang juga mendapat hak yang sama. "Kalau motor hilang akan diberi santunan Rp 5 juta karena premi yang dibayar juga lebih rendah," kata Junaedi, Ketua Pansus Perda Parkir, Rabu (18/4/2018).

Anggota Komisi D DPRD Surabaya ini menguraikan bahwa selama ini berlaku premi Rp 50 bagi pembatas restitusi parkir motor. Sementara untuk premi mobil yang dibayarkan saat parkir di tepi jalan umum Kota Surabaya sebesar Rp 150.

Hitungan itu yang selama ini dijadikan acuan Dishub Kota Surabaya dalam menetapkan ganti rugi manakala pemilik kehilangan kendarannya di tempat parkir umum di bawah Dishub. Setiap parkir resmi pemkot berhak memenuhi ganti rugi itu. 

Ini regulasi yang sebentar lagi siap diberlakukan dalam layanan pakir di Surabaya. Sebagaimana Raperda Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir Kota Surabaya, besaran ganti rugi itu masih perlu penyempurnaan. 

Namun pada prinsipnya tata aturan parkir itu telah disetujui Pemprov Jatim. Pemprov juga telah memfasilitasi Raperda pengelolaan parkir di Surabaya itu. Nantinya tinggal menunggu Perwali sebagai penjabarannya. 

Dalam Raperda itu juga disebutkan bahwa pengelolaan parkir di Surabaya tak mengcover kerusakan kendaraan. Misalnya ada garis atau lecet kendaraan. Lemah membuktikan bahwa lecet kendaraan terjadi saat parkir.

Bisa jadi kendaraan lecet itu sudah ada sebelum parkir. Untuk itu, untuk kerusakan karena konteks ini tak ditanggung pengelola parkir dalam hal ini Pemkot Surabaya atau Dishub Surabaya

Tidak hanya itu, mobil atau motor yang rusak bukan karena perilaku yang ada kaitannya dengan aktivitas parkir tidak akan mendapat ganti rugi apa pun. "Misalnya ada kerusuhan huru-Hara," kata Junaedi. 

Bahkan saat mobil dalam posisi rusak berat karena tertimpa pohon tumbang tidak akan mendapat kompensasi apa pun. Tidak ada ganti rugi apalagi asuransi yang dibebankan kepada Dishub Kota Surabaya

Halaman
12
Tags
Surabaya
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help