Advertorial

Apeksi ke-14 Harus Bisa Sinergikan Antar Daerah dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

Ladies Program dalam rangka Apeksi ini diisi dengan kegiatan semir dan praktek pemanfaatan barang tidak terpakai.

Apeksi ke-14 Harus Bisa Sinergikan Antar Daerah dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Asisten 3 Bidang Administrasi Pemprov Jawa Timur, Abdul Hamid, memukul gong tanda pembukaan Rakor Komwil Apeksi Regional IV di Singhasari Resort, Kota Batu, Rabu (18/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-14 secara resmi dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur Dr Abdul Hamid Mpd yang mewakili Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Hall Kertanegara Hotel The Shingasari and Resort, Kota Batu

Abdul Hamid mengatakan dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Komwil IV (Jatim, Bali, NTB, NTT) dalam Apeksi ke 14 di Singhasari Resort, tidak hanya sekedar saling sharing dan mengutarakan apa saja yang menjadi permasalahan di daerah masing-masing. Tetapi juga menjadi warning bagi kepala daerah.

Hamid mengatakan warning ini ialah bagaimana kepala daerah menjadi fasilitator bagi masyarakatnya. Sebagai fasilitator ini harus bisa memiliki dampak ke masyarakat. Seperti menggerakkan masyarakatnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Contohnya di kota Batu ini, pertumbuhan ekonominya 6,4 persen. Bahkan tertinggi dari target nasional. Bukan Wali Kotanya yang bergerak tetapi warganya. Wali Kota hanya memfasilitasi saja," kata Hamid.

Tidak hanya itu, dalam Rakor Apeksi ini juga mensinergikan kota yang menjadi peserta dalam Rakor ini.

"Di sini kota-kota ini bagaimana bersama-sama membangun komitmen antar daerah. Berkomunikasi. Terutama dalam bidang perdagangan, ini bisa menjadi warning bagi setiap kepala daerah yang malas untuk mengembang daerah," imbuh Hamid.

Ia menyebutkan apabila dalam mendukung pertumbuhan ekonomi ada kepala daerah yang tidak serius, maka tidak akan mendapatkan makna dari pembangunan pertumbuhan ekonomi ini. Oleh karena itu hal penting dalam Apeksi ini ialah menumbuhkan semangat dan saling berkomunikasi antar daerah.

"Semangat dan komitmen itu tidak akan cukup jika tidak diimbangi kecerdasan membangun komunikasi," pungkas dia.

Rakorkomwil IV Apeksi ke-14 ini digelar selama tiga hari, mulai tanggal 17 hingga 19 April 2018 diikuti 13 Pemerintah Kota di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengusung tema "Keberlanjutan Pembangunan Daerah Dan Implementasi SDG's".

Hadir dalam acara pembukaan Rakorkomwil IV Apeksi ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko; Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso; Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur Dr Abdul Hamid Mpd; Wali Kota Denpasar I GST Ngurah Jaya Negara SE; Wali Kota Blitar sekaligus Wakil Ketua Dewan Pengurus Bidang Kerjasama Apeksi Pusat Muh Samanhudi Anwar SH MM; Wali Kota Pasuruan Drs H Setiyono; Wali kota Kupang Dr Jeferston R Riwu Kore MM MH; Wakil Wali Kota Madiun Armaya.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved