Surabaya

Mahasiswa STIKOM Rancang Alat Pengukur Berat dan Tinggi Badan Anak Balita

Agus Awidya , mahasiswa prodi S1 Teknik atau Rekayasa Komputer Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Mahasiswa STIKOM Rancang Alat Pengukur Berat dan Tinggi Badan Anak Balita
habibur rohman
PENGUKUR BAYI - Mahasiswa Tikom Agus Awidya menunjukkan alat pengukur dan pencatat tinggi dan berat badan bayi otomatis di Kampus Stikom Surabaya, Kamis (19/4/2018). Alat untuk mempermudah pengukuran secara otomatis melalui jarngan internet. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Berat badan ideal tak hanya dibutuhkan orang dewasa, anak bawah lima tahun (balita) juga membutuhkan berat badan ideal untuk tumbuh kembangnya.

Pada umumnya orang tua mengetahui pertumbuhan dan perkembangan balita ke posyandu pada saat pengukuran berat dan tinggi badan, yang umumnya masih menggunakan timbangan manual atau digital.

Agus Awidya , mahasiswa prodi S1 Teknik atau Rekayasa Komputer Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, membuat solusi dengan Alat Pengukur Dan Pencatat Tinggi Dan Berat Bayi Otomatis pada Tugas Akhirnya.

Hal ini karena ia ingin membuat alat yang sederhana dan bermanfaat. Pilihan membuat alat pengukur berat badan ideal pada anak ini muncul Setelah ia melihat salah satu temannya yang bekerja sebagai bidan kesulitan mengukur berat ideal anak usia tiga hingga lima tahun.

"Anak usia itu aktif sekali, jadi sangat susah untuk bisa diukur secara akurat,"urai alumnus SMAN 7 Denpasar ini saat menunjukkan alat buatannya pada SURYA.co.id, Kamis (19/4/2018).

Pria kelahiran Denpasar, 3 Juni 1993 ini kemudian mengembangkan hasil penelitian kakak tingkatnya dalam memanfaatkan sistem berbasis arduino uno untuk mengolah data.

" Satu kali kerja, alat ini bisa langsung mengetahui berat dan tinggi badan sekaligus yang  Hanya dengan meletakkan balita ke atas timbangan alat ini dapat merekam hasil berat dan tinggi badan, kemudian hasilnya akan muncul dan tersimpan secara otomatis melalui android," ujarnya.

Secara keseluruhan alat untuk menerima dan menampilkan data dari sistem pengukuran berat dan tinggi balita dapat berjalan dengan baik tanpa eror.

"Jadi menggunakan andorid uno, berat badan dan tinggi balita dalam posisi tidur akan diukur dan dikonversikan,"urainya.

Hasil konversi ini kemudian akan ditampilkan pada screen dan bisa disimpan menggunakan bluetooth kedalam android.

Halaman
12
Tags
Surabaya
Penulis: sulvi sofiana
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help