Surabaya

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Ubaya Buat Peta Indonesia dari Tutup Botol

“Warna tutup botol yang akan digunakan beragam seperti warna putih, merah, orange, hijau, kuning dan biru,” ungkap Dicky.

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Ubaya Buat Peta Indonesia dari Tutup Botol
habibur rohman
PETA TUTUP BOTOL - Sebuah peta Indonesia berbahan tutup botol terpampang di area Perpustakaan Ubaya Surabaya, Kamis (19/4/2018). Karya berbahan puluhan ribu tutup botol oleh mahasiswa UKKI ini untuk menyambut Hari Bumi Sedunia dengan konsep "Bangga Lahir Di sini. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Memperingati hari bumi, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Surabaya membuat gambar peta Indonesia dari beragam tutup botol air mineral.

Untuk membuat peta berukuran 12 meter x 7 meter, mereka bahkan mengumpulkan ribuan tutup botol. Karya mereka juga dipamerkan di halaman Gedung Perpustakaan Kampus Ubaya Tenggilis Surabaya, Kamis (19/4/2018).

Dicky Adha Aruna Jaya, koordinator pembuatan karya ini mengungkapkan proses pengerjaan mahakarya berlangsung selama tiga hingga empat hari. Peta yang dilengkapi tulisan 'Indonesia dan Aku Bangga Lahir di Sini' ini melibatkan hampir seluruh anggota UKKI.

Dikatakannya tutup botol bekas yang digunakan berasal dari botol-botol yang berserakan di luar Ubaya, seperti saat Car Free Day maupun acara lainnya.

“Warna tutup botol yang akan digunakan beragam seperti warna putih, merah, orange, hijau, kuning dan biru,” ungkap Dicky.

 Melalui karya mereka ini, Dicky mengaku ingin menyebarkan nilai-nilai positif ke berbagai kalangan eksternal maupun internal Ubaya. Mereka ingin mengekspresikan rasa bangga terhadap bumi Indonesia dengan keberagamnya dan mencintai lingkungan sekitar.

"Melalui peringatan Hari Bumi sedunia ini, mahasiswa UKKI ingin menyadarkan kebersihan lingkungan di sekitar dengan memanfaatkan sampah untuk hal yang bermaanfaat,"tambah Lukmannul Hakim,anggota UKKI 2018

Bekas botol ini nantinya akan sumbangkan kepada UMKM yang berkerak di bidang ekonomi kreatif dengan menggunakan bahan dasar botol plastik.

“Harapannya sampah ini dapat termanfaatkan dengan baik dan bumi Inonesia tetap terjaga,” pungkasnya.

Tags
Surabaya
Penulis: sulvi sofiana
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help