Malang Raya

Pameran Dirgantara di Malang Berlangsung Meriah, Masyarakat Kagum

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya memimpin upacara pembukaan Bromo Valley Airshow 2018.

Pameran Dirgantara di Malang Berlangsung Meriah, Masyarakat Kagum
hayu yudha prabowo
Cosplayers dari G-force Gondanglegi berpose dengan latar pesawat Cassa C-212 TNI AU dalam Bromo Valley Air Show (BVAS) di Lanud Abdul Rachman Saleh, Kabupaten Malang, Sabtu (21/4/2018). BVAS yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Ke-72 disemarakan dengan sejumlah lomba, Joy flight, atraksi pasukan dan pesawat tempur dan pameran alutsista TNI AU. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

SURYAMALANG.COM, PAKIS –Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya memimpin upacara pembukaan pameran kedirgantaraan bertajuk Bromo Valley Airshow 2018 di Taxy Way Skadron Udara 32, Sabtu (21/4/2018). Turut hadir pada upacara pembukaan Bromo Valley Airshow itu adalah Bupati Malang Rendra Kresna, Bupati Jember Faidapejabat Lanud Abd. Saleh dan Insub, pejabat TNI/Polri se Malang Raya.Acara itu juga terbuka bagi masyarakat umum

Lanud Abd Saleh pun ramai oleh masyarakat yang datang langsung melihat acara pembukaan itu. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan langsung atraksi prajurit TNI AU beserta alutsistanya. Event Bromo Valley Air Show (BVAS) merupakan event kali pertama dilaksakan. Event ini sebenarnya bagian dari bulan dirgantara dalam rangka HUT ke 72 TNI Angkatan Udara.         

"BVAS ini memang salah satu event yang dicanangkan sebagai open base untuk mengenalkan Pangkalan Lanud Abd Saleh kepada masyarakat. Yang mana selama ini masyarakat tahunya pangkalan TNI Abd Saleh ini adalah pangkalan militer yang tertutup," kata Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya, Sabtu (21/4/2018).

Kemampuan mengemudikan pesawat juga ditampilkan seperti power glider, aircraft acrobatic, tucano fit, casa drop, herky fit, herky one, flypass, parachuting, fashion show, hiburan music, dan masih banyak lagi moment menarik lainnya yang selama ini jarang dinikmati masyarakat umum. Demi memanjakan masyarakat yang datang untuk menonton, puluhan bus disiapkan untuk mengangkut masyarakat disampingi mobil angkutan umum dan mobil pribadi.

"Sebenarnya dengan kegiatan ini kita terbuka kepada masyarakat. Silahkan masyarakat bisa menikmati, bisa melihat, berinteraksi dengan suasana kehidupan di lingkungan TNI AU, alutsista, bahkan ikut naik pesawat alutsista. Tapi mohon maaf yang bisa dinaiki pesawat angkut, pesawat tempurnya tidak bisa," tegas Andi.

Andi juga memperkenalkan olah raga paralayang (pakai motor di belakang), para trike (ada tambahan tempat duduknya) dan sebagainya. Bahkan siang itu berbagai kemampuan prajurit TNI AU juga diperkenalkan kepada masyarakat mulai dari terjun bebas free-fall dari Paskhas, terjun statik untuk infiltrasi ke medan musuh, manuver pesawat tempur, dan cargo drop.

Juga ditampilkan simulasi penembakan sasaran oleh empat pesawat Super Tucano yang bermanuver terbang rendah. Pembebasan sandera oleh prajurit Paskhas TNI AU. Semua kegiatan itu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Mereka begitu terkesima dan menikmati atraksi itu dari satu langkah ke langkah berikutnya.

“Demonstrasi Udara dilaksanakan oleh semua Satuan di Lanud Abd. Saleh antara lain Air cargo drop oleh pesawat Hercules dari Skadron Udara 32, penerjunan Pasukan Khas dari Yonko 464 Paskhas dan Denmatra 2 Paskhas Lanud Abd Saleh, dropping Helly Box oleh pesawat Cassa dari Skadron Udara 4, pemboman sarang musuh oleh pesawat Super Tucano Embraer dari Skadron Udara 21 dan Joy Flight untuk masyarakat umum,” tegas Andi.

Subaryanto, warga Pakis yang ikut menonton mengatakan kagum melihat para prajurit TNI AU beratraksi. Ia mengaku baru pertama kali melihat pertunjukkan seperti itu.

“Semoga tahun depan ada lagi, selain menghibur juga menumbuhkan semangat,” ujarnya.

Subaryanto mengajak seorang anaknya yang masih duduk di banguku SD kelas 5. Ia sengaja mengajak anaknya agar anaknya juga bisa melihat langsung atraksi. Subaryanto berharap, keterbukaan TNI AU terhadap masyarakat bisa menghasilkan hubungan yang baik ke depannya. 

Tags
Malang
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help