Malang Raya

Merintis Malang Bromo Tengger Baru Jadi Tujuan Ekowisata Spesial di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak tujuan wisata, khususnya kawasan Malang Raya.

Merintis Malang Bromo Tengger Baru Jadi Tujuan Ekowisata Spesial di Indonesia
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Presdir IndoesiaWISE Amol Titus saat berbicara tentang pentingnya menjaga lingkungan di hadapan para peserta seminar, Kamis (3/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak tujuan wisata, khususnya kawasan Malang Raya. Maka dari itu, penunjang pariwisata juga perlu disiapkan untuk menarik minat wisatawan.

Penunjang pariwisata yang penting di antaranya adalah hotel. Namun begitu, keberadaan hotel juga harus memiliki komitmen atas lingkungan. Hal itu harus dinyatakan dalam satu pernyataan visi dengan kebijakan, target, komunikasi serta pelatihan yang jelas bagi SDM-nya.

Seminar terkait hal itu diselenggarakan di Hotel Balava dengan topik Menjadikan Malang Bromo Tengger Baru tujuan Ekowisata Spesial di Indonesia, Kamis (3/5/2018). Acara yang diselenggarakan oleh IndonesiaWISE itu dihadiri oleh para pengelola hotel di Malang Raya.

Presiden Direktur IndonesiaWISE, Amol Titus, menjadi pembicara dalam seminar itu. Ia mengatakan, IndonesiaWISE meluncurkan satu program untuk mendukung mempromosikan econtourism di Indonesia.

"Karena sekarang wisatawan mau pilih kalau ada aspek unik. Aspek unik itu di antaranya aspek lingkungan dan spek sosial," katanya.

Selain itu juga ada aspek yang mempertimbangkan kearifan lokal sebagai daya pikat wisatawan. Juga budaya, cindera mata termasuk keragaman dan toleransi masyarakatnya.

"Sebagai aspek sosial karena pariwisata salah satu sektor yang bisa mendukung perekonomian masyarakat," katanya, Kamis (3/5/2018).

Amol juga banyak memberikan anjuran agar keberadaan hotel tetap memperhatikan lingkungan sekitar. Banyaknya jumlah konsumsi di hotel harus dipikirkan terkait pembuangannya.

"Kalau konsumsinya banyak, ada potensi krisis menghandle seperti risiko masuk sungai. Dan tadi saya perlihatkan dari Jawa Barat," paparnya.

Sedangkan keberadaan Malang, Batu serta Tengger sendiri merupakan potensi yang luar biasa. Kata Amol, masing-masing pihak harus bisa bekerjasama untuk membangun terciptanya ekowisata.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help