Malang Raya

Begini Cara Pemkab Malang Tingkatkan Kualitas Pekerja Muda

Hal itu dilakukan dalam upaya memberikan peluang anak muda produktif di Kabupaten Malang menjadi tenaga kerja trampil di perusahaan.

Begini Cara Pemkab Malang Tingkatkan Kualitas Pekerja Muda
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kadisnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo, menanda tangani kerjasama pelatihan ketrampilan tenaga kerja muda dengan Apindo Jatim, Selasa (15/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemkab Malang intensif siapkan lulusan SMK menjadi tenaga kerja handal dan profesional.

Hal itu dilakukan dalam upaya memberikan peluang anak muda produktif di Kabupaten Malang menjadi tenaga kerja trampil di perusahaan.

Bupati Malang, H Rendra Kresna mengatakan, saat ini sekitar 95 persen para lulusan siswa SMK yang ada di Kabupaten Malang dirasa belum memiliki kesiapan untuk terjun ke dunia kerja.

Mereka hanya memiliki pengalaman teori akademik tentang bekerja.

"Padahal, dalam dunia kerja tidak banyak membutuhkan teori dan nilai akademik, namun yang lebih dibutuhkan adalah kemampuan atau skill keterampilan kerja," kata Rendra Kresna dalam pelatihan ketrampilan Persiapan Kerja, Selasa (15/5/2018).

Dijelaskan Rendra, pelatihan yang digelar Disnaker Kabupaten Malang sebagai salah satu langkah terobosan yang baik untuk menyiapkan siswa SMK menjadi tenaga kerja yang handal dan profesional.

Apalagi dalam kegiatan tersebut melibatkan dan bekerjasama dengan lembaga sertifikasi.

"Dengan begitu, nantinya siswa yang lulus dan telah mengikuti pelatihan kerja di Disnaker bisa langsung berkerja," ucap Rendra Kresna.

Memang, diakui Rendra, ada kendala untuk mempersiapkan dan memberikan pelatihan siswa SMK melalui kurikulum pendidikan.

Ini setelah kewenangan pengelolaan SMK sekarang ada pada Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

"Untuk itu, melalui kegiatan pelatihan ketrampilan kerja yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan warga usia produktif Kabupaten Malang menjadi tenaga kerja profesional," tandas Rendra Kresna.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo mengatakan, kegiatan pelatihan keterampilan kerja memang sengaja dikhususkan kepada siswa SMK.

Hal itu dimaksudkan agar siswa SMK ketika lulus nantinya bisa langsung kerja.

Dan dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh Disnaker Kabupaten Malang, tambah Yoyok, diharapkan nanti para siswa SMK ketika lulus sudah siap kerja baik dari segi keterampilan serta mental dalam menghadapi dunia kerja.

"Ada beberapa materi pelatihan yang akan diberikan, salah satunya tentang motifasi dan etos kerja. Kami berharap pelatihan itu bisa menciptakan tenaga kerja profesional di Kabupaten Malang," tutur Yoyok Wardoyo.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help