Teroris Serang Jawa Timur

Keluarga Korban Bom Teroris Bisa Ajukan Kompensasi, Begini Pedomannya

Keluarga korban akibat teror bom bunuh diri bisa mengajukan bantuan, baik korban meninggal dunia maupun korban luka dan korban kerugian material.

Keluarga Korban Bom Teroris Bisa Ajukan Kompensasi, Begini Pedomannya
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
KECAM AKSI TEROR - Ratusan orang dari Aliansi Malang Damai (ADAM) lintas umat beragama dan lintas organisasi menyalakan lilin dalam aksi solidaritas paska serangan teror bom di Surabaya di depan Gereja Katedral Ijen, Kota Malang, Senin (14/5/2018). Aksi yang diisi dengan doa bersama dan orasi kebangsaan ini mengecam aksi teror bom di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Keluarga korban akibat teror bom bunuh diri bisa mengajukan bantuan, baik korban meninggal dunia maupun korban luka dan korban kerugian material. 

"Seperti yang motor, mobil atau rumahnya yang rusak akibat kejadian bom bunuh diri ini bisa mengajukan bantuan untuk kerugian, kami akan fasilitasi nanti," jelas Hasto Atmojo Suroyo, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Rabu (16/5/2018).

Dari data yang dikumpulkan selama dua hari, LPSK mencatat ada 46 orang korban jatuh akibat bom bunuh diri. "Baik dari petugas polisi, keluarga pelaku dan masyarakat," kata Hasto.

Untuk korban meninggal dunia ada santunan, untuk yang luka luka ada bantuan rehabilitasi medis. Selain itu ada juga rehabilitasi psikologis jika ada yang mengalami trauma.

Selain itu mereka yang terkena dampak kerugian material berupa aset misalnya rumah yang rusak, motor atau mobil yang rusak juga akan mendapat bantuan.

"Kami akan mendata dan membantu memfasilitasi untuk mendapat bantuan sebagai kompensasi dari negara," lanjutnya.

LPSK memang berfungsi, antara lain,melindungi pemenuhan hak atas saksi korban dalam hal ini tindak pidana terorisme.

Menurut dia, selain yang sifatnya bantuan, masyarakat mempunyai hak untuk menuntut kompensasi ke negara.

Ia menyebutkan, untuk kerusakan bangunan, akan ditanggung pemerintah provinsi. Sementara untuk kerusakan seperti kendaraan bermotor dan sebagainya, ditanggung pemerintah kota.

DAFTAR TANGKAPAN DENSUS 88

Halaman
12
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help