Bau Mulut Saat Puasa ? Jangan Cek Pakai Tangan, Begini Cara Yang Benar

Saat puasa seringkali kita mengecek bau mulut dengan tangan, tapi sebenarnya cara ini kurang tepat. Simak cara yang benar.

Bau Mulut Saat Puasa ? Jangan Cek Pakai Tangan, Begini Cara Yang Benar
shutterstock
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, - Puasa seringkali membuat kita kurang percaya diri karena bau pada mulut akibat tidak ada asupan air sehingga menyebabkan mulut menjadi kering.

Bau pada mulut atau dalam istilah medis dikenal halitosis, terjadi karena adanya bakteri yang memecah makanan, kemudian melepaskan sulfur sehingga mengeluarkan bau tak sedap.

Dokter gigi Luke Thorley mengatakan, bau mulut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti  Olahraga berlebihan hingga dehidrasi yang bisa memicu bau mulut karena dapat mengubah keseimbangan pH mulut.

Akibatnya bakteri akan mudah berembang biak. Dehidrasi juga bisa membuat produksi air liur sedikit sehingga tidak dapat membersihkan mulut dengan baik.

Bau pada mulut tentu sangat mengganggu aktivitas terutama bagi anda yang aktivitasnya sering bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang.

Seringkali harus mengecek bau mulut sendiri karena takut bau dan mengganggu orang lain.

Cara yang biasa dilakukan untuk mengecek bau mulut biasanya dengan menghembuskan napas ke tangan tetapi cara ini justru tidak efektif dan akurat untuk mengetahui bau mulut yang sebenarnya.

Para Ahli menyarankan cara terbaik untuk mengetahui bau mulut adalah dengan menjilat bagian belakang sendok.

Setelah kering barulah anda bisa mencium aroma pada bagian belakang tersebut.

Cara lain bisa juga dengan menjilat punggung telapak tangan anda dan tunggu hingga mengering.

Halaman
12
Penulis: Sarah Elnyora Rumaropen
Editor: Sarah Elnyora Rumaropen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help