Keren! Ini Makna Dari Densus 88 Anti Teror

Ternyata Ini Arti Dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror. Keren Banget!

Keren! Ini Makna Dari Densus 88 Anti Teror
KOMPAS.com
Ilustrasi Densus 88 

SURYAMALANG.com, Jakarta - Akhir-akhir ini Densus 88 Anti Teror sering terdengar di berbagai media massa sedang melakukan penangkapan kepada terduga teroris di berbagai daerah di Indonesia.

Tapi tahukah Anda arti dari Densus 88 Anti Teror?

Detasemen Khusus atau Densus 88 adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan ancaman aksi terorisme di Indonesia, termasuk teror bom dan penyanderaan.

Ilustrasi Densus 88
Ilustrasi Densus 88 (tribunnews)

Densus 88 yang saat ini diperkirakan berkekuatan 400 personel ini terdiri dari berbagai ahli, seperti ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu.

Angka 88 sendiri berasal dari kata ATA (Anti-Terrorism Act), yang bilamana dilafalkan ke dalam bahasa Inggris akan berbunyi Ei Ti Ekt. Pelafalan ini terdengar seperti pelafalan angka 88 dalam bahasa Inggris, Eighty Eight.

Jadi sudah jelas bahwa arti angka 88 pada Densus 88 bukanlah representatif dari jumlah korban Bom Bali dahulu (terbanyak 88 orang dari Australia) ataupun angka 88 yang melambangkan dari borgol seperti yang sudah beredar di masyarakat.

Ilustrasi Densus 88
Ilustrasi Densus 88 (tribunnews)

Selain Densus 88, Indonesia juga memiliki unit anti teror lain. Seperti Detasemen C Gegana Brimob, Detasemen Penanggulangan Teror (Dengultor) TNI AD alias Grup 5 Anti Teror, Detasemen 81 Kopasus TNI AD, Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Korps Marinir TNI AL, Detasemen Bravo 90 (Denbravo) TNI AU dan Satuan Antiteror BIN.

Penulis: Fakhri Hadi Pridianto
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved