Motovlog, Hobi Yang Bisa Menghasilkan Keuntungan

Jadi Motovlog Atau Vlogger Bisa Dapat Keuntungan? Tak Heran Banyak Yang Melakukannya Zaman Sekarang

SURYAMALANG.com, Surabaya - Zaman sekarang, hobi vlog atau video blog ternyata bisa dilakukan dengan berbagai media. Seperti yang banyak diketahui, biasanya vlog dilakukan menggunakkan handphone atau kamera.

Namun, sekarang vlog sudah mulai berkembang dan yang terbaru saat ini adalah mereka sambil berkendara, baik mobil maupun motor lalu merekam perjalanan mereka. Teknik ini dikenal dengan Motovlog

Jika diperhatikan, trend motovlog kini memang banyak digandrungi oleh para biker yang ingin menjadi motovlog. Paling gampang adalah dengan melihat pengendara sepeda motor yang menempelkan kamera di helm nya.

"Pada dasarnya, dari dulu saya berkendara menggunakkan sepeda motor, lalu merekam perjalanan selama riding itu. Tadinya hanya untuk dokumentasi pribadi, tapi lama-lama jadi di share di YouTube," papar Fakhri, salah seorang pelaku motovlog di Surabaya yang dikenal dengan nama FakhriHP kepada SURYA, Kamis (17/5/2018).

Beruntung, viewer-nya terus bertambah. Kondisi inilah yang membuatnya semangat untuk membuat video yang tidak hanya memberi informasi tapi juga edukasi. Fachri sendiri lebih senang ‘mengangkat’ isu-isu yang sedang trend, seperti penggunaan knalpot dan pengrajin knalpot di Indonesia yang ternyata menjiplak merk luar negeri.

Fakhri sendiri pernah mengangkat isu-isu yang lagi trend di dunia permotoran seperti penjiplakan dan penggunaan knalpot yang ternyata menjiplak merk luar negri dan bagaimana tips-tips menghindar begal, terutama saat menyambut bulan Ramadhan.

"Pemasukan dari YouTube memang ada, tapi itu bukan prioritas utama, selain menang tidak pasti. Saya terjun ke dunia motovlog ini karena memang berawal dari hobi. Dan ketika viewer teredukasi, atau minimal terhibur, disitulah kepuasan pribadi saya," tegas Fakhri ketika ditanya mengenai income yang diterimanya dari YouTube.

Meski merasa puas karena bisa berkarya, namun diakui bahwa tidak semua karya yang bagus itu diminati masyarakat. Buktinya, di Indonesia ini, masyarakat lebih suka dengan konten kecelakaan, test ride sebuah motor (motor keluaran terbaru atau motor gede) dan tayangan kebut-kebutan.

Di kesempatan wawncara dengan SURYA, pemilik channel FakhriHP ini pun memberikan beberapa tips untuk yang ingin mencoba menekuni motovlog.

Berikut tips-tipsnya:

Halaman
12
Penulis: Fakhri Hadi Pridianto
Editor: Fakhri Hadi Pridianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help