Simak Tips Dokter Nina untuk Jaga Kesehatan Kulit Selama Ramadan

Agar kulit tetap sehat saat menjalani puasa, masyarakat perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman saat santap buka maupun sahur.

Simak Tips Dokter Nina untuk Jaga Kesehatan Kulit Selama Ramadan
danendra kusuma
dr Agustina Tri Pujiastuti 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Agar kulit tetap sehat saat menjalani puasa, masyarakat perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman saat santap buka maupun sahur. Caranya cukup mudah, hanya dengan menjaga pola konsumsi air putih.

Sebab, jika kita mengalami dehidrasi akan berdampak pada kesehatan kulit. Masalah kulit yang timbul dari dehidrasi diantaranya memiliki kantung hitam, kulit mengeriput, hingga gangguan neurologis seperti sakit kepala dan disorientasi.

"Kita harus mengejar porsi 8 gelas atau 2 liter air dalam sehari saat buka dan sahur. Agar terhindar dari dehidrasi," kata dr Agustina Tri Pujiastuti selaku dokter kulit dari Skin A Dermatology and Aesthetic Clinic, Surabaya.

Selain itu, Nina sapaan akrabnya menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti sup. "Sekalian kurangi makanan yang di goreng, sebaiknya dikukus saja," ujar Nina.

Nina melanjutkan, sebab, oksidan banyak muncul pada makanan yang digoreng dan mengandung minyak. "Jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung oksidan, kulit akan mengalami penuaan menjadi kusam dan kering," terangnya.

Nina mengatakan, makanan mengandung oksidan tak hanya harus dihindari saat berpuasa saja, melainkan juga pada hari-hari biasa.

Agar kulit tetap sehat, Nina menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah dan sayur.

"Makanan yang mengandung antioksidan dan serat diantaranya alpukat pisang, tomat, strawberry, blueberry kacang polong, kacang almond," sebutnya.

Nina menambahkan, menjaga kesehatan kulit dari luar juga perlu. Karena cuaca di Surabaya saat ini sedang panas. "Agar kukit tidak kering hendaknya memakai facial spray dan moisturizer. Bagi yang beraktivitas diluar ruangan, jangan lupa menggunakan sunblock setiap hari. Atau memakai pelindung seperti masker dan topi," imbaunya.

Untuk menghindari kulit bibir pecah-pecah saat menjalankan puasa, Nina memberikan tips agar tak lupa untuk memberikan lipgloss ataupun lipbalm.

"Treatment untuk menjaga kesehatan kulit seperti facial, chemical peeling, laser Photorejuvination tentunya juga perlu," pungkas Nina. 

Tags
Surabaya
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help