Banyuwangi

Anggota DPRD Banyuwangi Dipaksa Turun dari Pesawat Gara-gara Bercanda Soal Bom

Petugas pemeriksa bertanya kembali apa isinya. Ternyata Basuki tetap menjawab bahan peledak bahkan diulang hingga tiga kali.

Anggota DPRD Banyuwangi Dipaksa Turun dari Pesawat Gara-gara Bercanda Soal Bom
DPRD Banyuwangi
Basuki Rahmad, Anggota DPRD Banyuwangi. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI
Basuki Rahmad, salah satu Anggota DPRD Banyuwangi yang diamankan karena bercanda bom di Bandara Banyuwangi, sempat menolak untuk diperiksa petugas keamanan bandara. Akhirnya petugas menurunkan Basuki dari pesawat.

Basuki hendak diperiksa karena melontarkan ucapan bahan peledak, bahkan hingga tiga kali. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian ini terjadi sekitar 12.45 WIB, saat Basuki hendak menumpang pesawat Garuda, GA 265.

Saat di ruang pemeriksaan melalul ujian SCP 2, Basuki dinyatakan clear oleh petugas keamanan. Namun Basuki lalu menghampiri rekannya, Riefa, yang saat itu kopermya sedang diperiksa petugas pemeriksa.

Basuki Rahmad, Anggota DPRD Banyuwangi dari Partai Hanura.
Basuki Rahmad, Anggota DPRD Banyuwangi dari Partai Hanura. (haorrahman)

Secara spontan Basuki mengeluarkan pernyataan bahwa koper ibu Riefa tersebut berisi bahan peledak.

Mendengar perkataan Basuki, petugas pemeriksa bertanya kembali apa isinya. Ternyata Basuki tetap menjawab bahan peledak bahkan diulang hingga tiga kali.

Petugas lalu kembali bertanya, bahan peledak seperti apa yang dimaksud. Basuki lalu menyatakan itu adalah bom. Petugas memberitahu bahwa bercanda mengenai bom adalah dilarang.
Situasi sempat menegang karena Basuki emosional pada petugas.

Setelah situasi kondusif petugas mengkoordinasikan petugas keamanan maskapai penerbangan Garuda agar menahan dulu Basuki untuk tetap berada di ruang tunggu. Tetapi ketika proses boarding, Basuki juga boarding dan sudah duduk di atas bus.

Ketika petugas keamanan airline memintanya keluar untuk kemudian kembali ke ruang tunggu Basuki menolak, sehingga penumpang tersebut masuk ke dalam kabin pesawat.

"Akhirnya penumpang yang bersangkutan diturunkan petugas dari pesawat, untuk dilakukan pemeriksaan," kata Kompol Suhariono, Kapolsek Rogojampi Banyuwangi.

Tags
Banyuwangi
Penulis: Haorrahman
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help