Dorong Tumbuhnya Minat Baca Masyarakat, #AkuBaca bersama Pemkot Surabaya Luncurkan Mobil Pustaka

Buku Bergerak telah berkontribusi mendonasikan 133 paket buku ke 133 TBM yang tersebar di 28 provinsi dan 94 kabupaten/kota.

Dorong Tumbuhnya Minat Baca Masyarakat, #AkuBaca bersama Pemkot Surabaya Luncurkan Mobil Pustaka
#AkuBaca bersama Pemkot Surabaya Luncurkan Mobil Pustaka 

“Buku adalah jendela dunia, dan membaca adalah kunci untuk membukanya.”

Sebuah ungkapan sederhana yang menggambarkan betapa luasnya manfaat membaca buku. Urgensi membaca telah menggerakkan banyak masyarakat di pelbagai belahan dunia untuk menggiatinya sepanjang tahun. Masyarakat Amerika dalam setahun rata-rata bisa membaca 20 buku. Sementara masyarakat Jepang bisa mencapai 10 buku per tahun, dan negara-negara tetangga di ASEAN melahap 2-3 buku per tahun.

Tetapi di Indonesia, budaya baca masyarakat hanya berkisar dari 0 sampai 1 buku per tahun. Riset UNESCO pada tahun 2012 mendapati indeks minat baca Indonesia hanya sebesar 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 penduduk hanya ada 1 orang yang suka membaca. Sementara itu, berdasarkan studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Hanya setingkat di atas Bostwana (61).

Rendahnya minat dan budaya baca masyarakat Indonesia adalah tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, segenap elemen bangsa mulai dari pemerintah, institusi pendidikan mulai dari keluarga hingga sekolah, swasta, lembaga sosial, komunitas-komunitas, serta masyarakat secara luas, musti bergerak bersama dan berbagi peran dalam rangka menumbuhkan minat baca dan budaya literasi di Indonesia.

Dengan spirit itulah, Kompas Gramedia menginisiasi gerakan literasi yang dinamakan #AkuBaca. #AkuBaca adalah sebuah gerakan berkesinambungan untuk memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam hal penumbuhan minat baca. Mengusung tagline “Gerakan Literasi Nusantara”, #AkuBaca diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei 2017 bersama sejumlah penggerak literasi nasional. Dalam perkembangannya, gerakan #AkuBaca turut dilibati oleh banyak relawan, komunitas dan taman baca dari daerah-daerah seantero Nusantara.

Gerakan #AkuBaca juga memperluas sinergi dengan pelbagai pihak, salah satunya dengan Pemerintah Kota Surabaya. Dewasa ini, Surabaya tak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan, tetapi juga Kota Literasi. Di bawah kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini, Surabaya gencar mendorong tumbuhnya budaya literasi di masyarakat. Berkat dukungan besar pemerintah kota itulah, kini Surabaya memiliki tak kurang dari 1400 Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Ikhtiar pemerintah tersebut selaras dengan nafas #AkuBaca, bahwa selain menumbuhkan budaya literasi dan minat baca masyarakat melalui gerakan penyadaran, #AkuBaca juga mendorong peningkatan akses masyarakat terhadap bacaan. Hal ini secara konsisten diwujudkan gerakan #AkuBaca melalui program Buku Bergerak yang berperan menggalang donasi buku dari publik untuk didonasikan ke TBM-TBM di pelbagai daerah. Tercatat hingga Mei 2018, Buku Bergerak telah berkontribusi mendonasikan 133 paket buku ke 133 TBM yang tersebar di 28 provinsi dan 94 kabupaten/kota. Selain itu, ada pula moda perpustakaan bergerak yang digulirkan #AkuBaca, diantaranya Troli Pustaka yang ada di Jakarta dan Motor Pustaka di Yogyakarta.

Keselarasan tujuan antara gerakan #AkuBaca dan Pemkot Surabaya salah satunya diwujudkan dalam bentuk Mobil Pustaka, yakni sebuah moda perpustakaan bergerak berupa mobil yang didesain secara khusus untuk difungsikan sebagai perpustakaan yang bisa bergerak dinamis menjangkau pelbagai wilayah di Surabaya, terutama titik-titik kumpul masyarakat dan sekolah-sekolah. Pengadaan Mobil Pustaka #AkuBaca beserta buku-buku yang ada di dalamnya merupakan sumbangan/hibah dari Kompas Gramedia selaku perusahaan yang menginisiasi Gerakan #AkuBaca.

Bertempat di Balaikota Surabaya pada hari Senin, 28 Mei 2018, Pemkot Surabaya bersama Tim Kompas Gramedia secara resmi meluncurkan Mobil Pustaka #AkuBaca. Dalam acara ini dilakukan serah terima Mobil Pustaka #AkuBaca dari Kompas Gramedia yang diwakili oleh Corporate Communication Director, Rusdi Amral, kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Kompas Gramedia ingin memadukan semangat bersama Surabaya yang terus tumbuh dan berkembang menjadi Kota Literasi. Untuk itu, kami bersyukur dan bangga bisa bersinergi bersama Pemerintah Kota Surabaya, dan bersama-sama berkontribusi untuk masyarakat Surabaya, dalam hal ini melalui Mobil Pustaka #AkuBaca. Semoga kehadirannya bisa bermanfaat mendekatkan akses bacaan ke masyarakat, demi meningkatnya minat baca,” ujar Rusdi dalam sambutannya.

Mobil Pustaka #AkuBaca dilengkapi dengan koleksi 743 buku yang terdiri dari buku anak-anak seperti dongeng dan cerita rakyat Nusantara, panduan pelajaran, karya sastra, kewirausahaan, buku-buku how to (petunjuk praktis), dan jenis-jenis lainnya. Usai diserahkan, Mobil Pustaka #AkuBaca langsung difungsikan oleh Perpustakaan Daerah (Perpusda) Surabaya selaku pihak pengelola untuk mendatangi titik-titik kumpul masyarakat. Harapannya, masyarakat terutama anak-anak, menjadi lebih dekat dan akrab dengan buku-buku, sehingga budaya literasi di Surabaya pun menjadi semakin maju.[zmi]

Tags
Surabaya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved