Banyuwangi

Pasar Banyuwangi Sering Dikunjungi Turis, Bupati Ingin Seperti Pasar di Thailand

Banyuwangi bisa seperti di Thailand. Saat ini kami tengah mematangkan konsep pasar tradisional yang bisa menjadi wisata.

Pasar Banyuwangi Sering Dikunjungi Turis, Bupati Ingin Seperti Pasar di Thailand
haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat buka bersama pedagang pasar Banyuwangi. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Tren wisatawan asing lebih menyukai mengunjungi pasar tradisional apabila ingin berbelanja atau mencoba kuliner khas daerah setempat.

Seperti di pasar Banyuwangi, sering terlihat dikunjungi wisatawan asing.

"Sangat jarang wisatawan asing kalau belanja di pasar modern. Mereka lebih suka belanja di pasar-pasar tradisional, karena mereka ingin lebih mengenal budaya lokal," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat buka bersama para pedagang pasar Banyuwangi, Senin (28/5/2018).

Anas menginginkan pasar Banyuwangi bisa seperti pasar tradisional di Thailand. Di Thailand pasar-pasar tradisionalnya ramai dikunjungi wisatawan.

Seperti pasar Chatuchak, yang merupakan pasar tradisional namun dikunjungi ribuan wisatawan, serta pasar-pasar tradisional lainnya. Bahkan ada pasar halal di Thailand.

Pasar-pasar tradisional di Thailand, meskipun ramai dikunjungi wisatawan tertata rapi dan bersih.

"Banyuwangi bisa seperti di Thailand. Saat ini kami tengah mematangkan konsep pasar tradisional yang bisa menjadi wisata," kata Anas.

Karena itu Anas meminta pedagang untuk bersiap. Anas mengajak pedagang lebih perhatian pada kebersihan, karena itu ada faktor penting.

"Pasar tradisional itu merupakan urat nadi ekonomi, jadi harus dijaga, terutama kebersihannya. Buat pengunjung nyaman untuk datang dan belanja di pasar, kata Anas.

"Saya ingin pasar tidak hanya menjual baju, tapi juga ada sentra kuliner dan oleh-oleh. Di dalamnya bersih, barang yang djual bersih, rapi, tapi bangunannya tetap tradisional," tambah Anas. 

Tags
Banyuwangi
Penulis: Haorrahman
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help