Tulungagung

Demi Bayar THR PNS, Pemkab Tulungagung Kuras Dana Rp 49 Miliar

Sebelumnya Pemkab Tulungagung menyiapkan Rp 52 miliar untuk THR namun ternyata dari perhitungan jumlahnya tidak lebih dari Rp 49 miliar.

Demi Bayar THR PNS, Pemkab Tulungagung Kuras Dana Rp 49 Miliar
web
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersiap menguras anggaran Rp 49 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Rencanannya THR dibagikan pada 5 Juni nanti.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Hendry Setyawan menerangkan, pos anggaran untuk THR sudah disiapkan.

Sebelumnya Pemkab telah menyiapkan dana Rp 52 miliar untuk THR ini. Namun ternyata dari perhitungan jumlahnya tidak lebih dari Rp 49 miliar.

“Pemberian THR kepada NS ini berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pemberian THR 2018,” terang Hendry, Selasa (29/5/2018).

Pos THR ini dicairkan untuk membantu kebutuhan menjelang hari raya. Total PNS yang akan menerima THR sebanyak 11.038 orang.

Termasuk THR untuk anggota DPRD Tulungagung. Lanjut Hendry, pihaknya meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengajukan besaran THR di lingkup kerja masing-masing.

Input data THR per OPD diharapkan masuk paling lambat 4 Juni. Karena rencana pencairan akan dilakukan pada 5 Juni.

“Komponen THR ini berupa gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan keluarga. Sama seperti yang diberikan ke anggota DPRD,” tambah Hendry.

Namun pra pegawai yang bukan PNS tidak berhak mendapatkan THR.

Menurutnya, Pemkab sebenarnya ingin memberikan THR bagi pegawai selain PNS.

Namun pihaknya masih petunjuk konkrit dari pemerintah pusat.

Selain THR, para PNS juga akan menerima gaji ke-13.

Rencananya gaji ke-13 akan diterimakan pada akhir Juni, atau setelah lebaran.

Harapannya gaji ini bisa digunakan untuk keperluan sekolah anak-anak pada tahun ajaran baru.

“Akhir Juni ada keperluan daftar sekolah baru, atau menyiapkan keperluan sekolah lainnya. Maka gaji ke-13 ini dicairkan untuk membantu,” tandas Hendry. 

Penulis: David Yohanes
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help