Travelling

Desa Tlekung Kota Batu Manfaatkan Dana Desa untuk Bangun Tempat Wisata

Tidak lama lagi akan ada lokasi wisata baru, yakni Taman Tenang Kaygun. Konsep taman ini tidak hanya sekadar taman, tetapi juga ada kolam renangnya

Desa Tlekung Kota Batu Manfaatkan Dana Desa untuk Bangun Tempat Wisata
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Lokasi yang akan dijadikan tempat wisata Taman Tenang Kaygun di Desa Tlekung, Kota Batu, Selasa (29/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemanfaatan Anggaran Dana Desa (DD) kini mulai dilakukan oleh beberapa desa di Kota Batu. Seperti halnya di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Tidak lama lagi akan ada lokasi wisata baru, yakni Taman Tenang Kaygun. Konsep taman ini tidak hanya sekadar taman, tetapi juga ada kolam renangnya.

Dari pantauan SURYAMALANG.COM, lokasi yang bakal dijadikan tempat wisata masih kosong dan belum ada pembangunan. Karena rencana akan dimulai pembangunannya setelah lebaran.

Kasi Kesra Desa Tlekung, Nuryanto mengatakan, kalau pembangunan ini bakal menggunakan anggaran DD.

"Kami memanfaatkan DD untuk membangun tempat wisata ini. Rencana ini juga sudah sesuai dengan kesepakatan warga, bagaimana anggaran ini bisa digunakan dan bermanfaat bagi warga sekitar," kata dia, Selasa (29/5/2018).

Ia masih belum bisa menyebutkan berapa anggarannya yang akan digunakan untuk membangun taman ini.

Dikatakannya beberapa waktu lalu warga sekitar sudah bekerja bakti menormalkan saluran di sekitar area. Dengan membersihkan endapan lumpur sekitar setengah meter di area.

Di sekitar itu juga banyak tanaman liar, yang bisa menghambat aliran.

"Di sini pernah banjir, makanya kami bersihkan semua, mulai dari tanaman liar, lumpur.

"Nanti di sini ada kolamnya, karena kami melihat anak-anak di sini kurang tempat hiburan, dengan adanya taman ini bisa membuat tempat wisata sekaligus arena bermain," imbuhnya.

Pemkot Batu sudah memberikan kebebasan kepada setiap desa agar mampu mengelola anggaran DD. Hal itu dikarenakan untuk mencapai target serapan DD.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Abu Sufyan menambahkan setiap desa bisa menggunakan DD sesuai ke peruntukannya.

"Setiap desa kan juga harus memenuhi target dalam pencapaian penggunaan anggaran DD. Jika tidak bisa mencapai serapan, tidak bisa cair ditahap selanjutnya," kata dia.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help