TIPS - Cara Cegah Bau Mulut Selama Puasa Menurut drg Retno Dewati

Bisa juga memakai obat kumur setelah menyikat gigi karena sikat gigi tidak dapat menjangkau sela-sela gigi secara sempurna.

TIPS - Cara Cegah Bau Mulut Selama Puasa Menurut drg Retno Dewati
drg Retno Dewati Sp KGA 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sering merasa bau mulut saat menjalankan ibadah puasa? Ternyata ada solusinya.

Usai santap sahur, sebaiknya menjaga mulut tetap bersih dan tidak makan-makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. 

"Semua bagian gigi harus disikat dengan baik. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, yang dapat menjangkau sela-sela gigi dan tidak melukai gusi. Pilih pasta gigi berfluoride untuk membantu memperkuat gigi," saran drg Retno Dewati  Sp KGA di Surabaya, Sabtu (2/6/2018).

Retno juga menyarankan untuk sikatlah gigi di depan cermin, supaya tahu bagian-bagian gigi yang masih perlu untuk disikat.

"Arahkan sikat gigi seperti menyapu dari gusi ke gigi. Atau dengan gerakan memutar. Menyikat gigi yg bersih perlu waktu 2 - 3 menit," tambahnya.

Sementara tepat waktu berarti selama bulan puasa disarankan menyikat gigi tiga kali. Yaitu setelah berbuka puasa, sebelum tidur dan setelah makan sahur.

Bisa juga memakai obat kumur setelah menyikat gigi karena sikat gigi tidak dapat menjangkau sela-sela gigi secara sempurna.

"Oiya, sebelum pakai obat kumur, disarankan pakai benang gigi untuk mengangkat kotoran di sela-sela gigi secara lebih sempurna," katanya.

Retno juga menyarankan agar menjauhi makanan yang berbau menyengat, sehingga bisa mengakibatkan nafas bau.

"Karena setiap makanan akan diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Termasuk diedarkan ke paru-paru yg merupakan organ pernafasan manusia. Makanan berbau menyengat ini seperti bawang merah dan bawang putih," tutupnya. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved