Kota Batu

Pemkot Batu Gelar Pasar Murah, Wali Kota Minta PNS Mengalah untuk Masyarakat

Telor satu kilogram hanya Rp 16,5 ribu, beras Rp 9000 perkilogram, gula Rp 12,5 ribu perkilogram. Daging Ayam Rp 32 ribu.

Pemkot Batu Gelar Pasar Murah, Wali Kota Minta PNS Mengalah untuk Masyarakat
SURYA/Sany Eka Putri
Dari kiri Plt Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Endang Triningsih, Pj Sekda Batu Edy Murtono, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kasi Intel Kejaksaan Batu Teuku Luftansyah, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Ketua PKK Batu Wibi Santoso, dan elemen masyarakat saat pembukaan Pasar Murah di Balai Kota Batu, Senin (4/6). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri, Pemkot Batu mengadakan Pasar Murah Ramadan di Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Pasar Murah Ramadan ini diadakan selama lima hari mulai Senin (4/7) hingga Jumat (8/6).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan menjelang Idul Fitri seperti saat ini harga kebutuhan pokok selalu mengalami peningkatan.

Sehingga bagi sebagian kalangan terutama yang termasuk keluarga miskin merasa terbebani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Maka dari itu, kami berusaha untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat atau keluarga pra-sejahtera guna mencukupi kebutuhan dasar," kata Dewanti saat pembukaan Pasar Murah, Senin (4/6).

Pasar murah ini juga untuk meningkatkan aktifitas masyarakat kelompok miskin sebagai komunitas produktif dan mandiri, melalui pasar murah ramadhan Kota Batu tahun 2018.

Ia berharap pasar murah ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat yang membutuhkan akan bahan-bahan pokok. Maka hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh keluarga pra-sejahtera untuk memenuhi kebutuhannya akan bahan-bahan pokok.

Ia menambahkan, pasar murah ini hanya berlaku untuk keluarga yang membutuhkan. Untuk itu pihak penyelenggara harus selektif dalam mendata masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Jangan sampai kegiatan ini justru dimanfaatkan oleh pihak lain yang akan melakukan aksi borong sehingga tujuan pasar murah yang dimaksud kurang tepat sasaran. Makanya kaau ada PNS, mending mengalah dulu. Biarkan masyarakat kita dahulukan," ungkapnya.

Dalam pasar murah ramadan ini, ada 40 stan yang ikut ambil bagian dari berbagai usaha yang ada di Kota Batu. Adapun harga beberapa bahan pokok di pasar murah ini.

Di antaranya telor satu kilogram hanya Rp 16,5 ribu, beras Rp 9000 perkilogram, gula Rp 12,5 ribu perkilogram. Daging Ayam Rp 32 ribu, Minyak Goreng Rp 10,5 ribu, dan Daging Sapi Rp 100 ribu. 

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat se Kota Batu, Pemkot juga menyediakan truk yang membawa sembako murah ke setiap Desa di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji. Ada 10 desa yang didatangi truk itu, dengan menjual sembako murah yang sama seperti Pasar Murah. 

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Endang Triningsih mengatakan 10 desa itu ada Kelurahan Dadaprejo, Desa Beji, Desa Torongrejo, dan Tlekung. Sementara di Kecamatan Bumiaji ada Desa Bumiaji, Desa Giripurno, Desa Bulukerto, Desa Gunungsari, dan Desa Pandanrejo. 

"Agar merata semuanya. Kecuali di Kecamatan Batu, karena sudah terwakili oleh Pasar Murah di Balai Kota," kata Endang.

Tags
Kota Batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved