Travelling

Jalan Tembus ke Wisata Gunung Banyak Mulai Digarap

Saat ini jalan tembus itu sudah mulai ditata. Jalan tembus ini akan langsung tembus ke pintu gerbang tiketing wisata Gunung Banyak.

Jalan Tembus ke Wisata Gunung Banyak Mulai Digarap
IST
Penataan jalan tembus ke wisata Gunung Banyak menggunakan alat berat, Kamis (7/6/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu kebut pembangunan jalan tembus menuju ke tempat wisata Gunung Banyak.

Saat ini jalan tembus itu sudah mulai ditata. Jalan tembus ini akan langsung tembus ke pintu gerbang tiketing wisata Gunung Banyak.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, sebelumnya jalan yang digunakan ini ialah hutan dan tebing.

Karena untuk akses jalan tembus, agar tidak membahayakan pengendara ditata dan diperlebar.

Dikatakannya, proses menyelesaikan jalan tembus ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

"Kami tata dulu, lalu proses akhirnya nanti pengerasan jalan. Sejak tahun kemarin perencanaan jalan tembus ini sudah ada, tahun ini kami selesaikan, agar wisatawan yang menuju ke sini tidak menempuh jarak yang terlalu jauh," kata Alfi, Kamis (7/6/2018).

Panjang jalan tembus ini sekitar 500 meter atau 0,5 kilometer. Jika sejauh ini, untuk menuju wisata Gunung Banyak menempuh 3 kilometer, menggunakan jalan tembus ini hemat jarak tempuh perjalanan 2,5 kilometer.

Selain itu, mengurai kemacetan juga saat liburan panjang, karena saat liburan akses yang hanya satu jalan itu sering dipadati kendaraan, terutama roda empat.

Lebar jalan tembus itu nanti sekitar 5 meter. Agar cukup dilalui dua kendaraan dari arah berlawanan.

"Kalau pulangnya, tidak masalah lewat jalan awal sebelum ada jalan tembus. Mengurangi kemacetan juga. Dari tahun tahun lalu selalu macet. Kalau ada jalan tembus setidaknya mengurangi kemacetan," imbuhnya.

Pembuatan jalan alternatif ini bekerja sama dengan Perhutani sebagai pemilik lahan. Sebelum proses penataan lahan, proses kajian untuk jalan juga sudah dilakukan oleh mereka.

Paling tidak, jalan tembus yang menggunakan anggaran Rp 200 juta dari APBD 2018 itu selesai akhir tahun ini. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help