Travelling

Lahir di Belanda, Lalu Pindah ke Skotlandia, Badak India Kini Menjadi Penghuni Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 Kota Batu, menjadi satu-satunya lokasi wisata edukasi yang pertama kali menerima Badak India

Lahir di Belanda, Lalu Pindah ke Skotlandia, Badak India Kini Menjadi Penghuni Batu Secret Zoo
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Badak India di Batu Secret Zoo. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 Kota Batu, menjadi satu-satunya lokasi wisata edukasi yang pertama kali menerima Badak India.

Badak India berusia 10 tahun yang diberi nama Bertus itu terlihat asik memakan makanan yang sudah disediakan, seperti sayur-sayuran. Meskipun banyak yang memperhatikan si Bertus, namun tetap ia tak memperdulikan sekitarnya.

Sebelum sampai ke Batu Secret Zoo, si jantan Bertus ini harus singgah di beberapa negara. Bertus lahir di Rotterdam zoo, Belanda pada tanggal 13 juli 2008.

Kemudian Bertus dikirim ke Edinburgh zoo, Skotlandia pada tahun 2010. Ketika memasuki usia dewasa kelamin, Bertus dipindah ke Batu Secret Zoo, Kota Batu.

Dadan Dani Subrata, Project Koordinator Yayaysan Badak Indonesia, mengatakan badak yang memiliki berat 3 ton ini memiliki keistimewaan. Ia mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Meski sudah melalui beberapa negara yang sudah disinggahi.

Badak ini melakukan perjalanan yang sangat pajang selama hampir 48 jam. Dimulai dengan perjalanan darat dari Edinburgh zoo, Skotlandia ke bandara Luxembourgh, Belgia. Kemudian diangkut dengan pesawat khusus cargo dari Luxembourgh ke bandara Juanda di Surabaya Indonesia dan langsung menuju ke Batu Secret Zoo.

"Badak India adalah badak bercula satu terbesar di dunia, dengan tinggi badan mencapai 2 meter dan berat badan antara 2800-3000 kg. Persebaran badak ini biasa ditemukan di India bagian utara seperti Nepal dan Bangladesh," kata dia saat perkenalan Badak India di Batu Secret Zoo, Jumat (8/6/2018).

Badak India berhabitat di padang rumput terbuka dekat dengan sungai. Pada awal abad ke 20 populasi badak india hanya tinggal 200 ekor akibat perburuan liar sehingga populasinya hampir punah. Oleh karena itu, tujuan ditaruhnya Badak India di Batu Secret Zoo ini, salah satunya ialah dalam usaha program konservasi badak.

"Sekarang jumlah badak india semakin meningkat mencapai kurang lebih 3500 ekor," imbuhnya.

Ia menjelaskan, seperti yang diketahui, populasi Badak India di Eropa terdapat 60 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang. Di Amerika, populasi Badak India ada 50 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help