Malang Raya

Pemkab Malang Pastikan Seluruh Jalan Kondisinya Baik untuk Mudik Lebaran

DPUBM memastikan semua jalan di wilayah Kabupaten Malang dalam kondisi baik untuk mudik dan balik Lebaran

Pemkab Malang Pastikan Seluruh Jalan Kondisinya Baik untuk Mudik Lebaran
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) memastikan semua jalan di wilayah Kabupaten Malang dalam kondisi baik untuk mudik dan balik Lebaran.

Dengan demikian masyarakat yang mudik atau sekedar lewat di wilayah Kabupaten Malang tidak perlu khawatir akan kondisi jalan rusak sulit dilewati.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, pihaknya sejak sebulan terakhir telah mengerahkan sebanyak tujuh unit pelaksana teknis (UPT) dalam tim Salob (sapu lobang) untuk menutup dan menambal lubang aspal jalan.

Terutama lubang di sejumlah ruas jalan poros di wilayah Kabupaten Malang.

"Hasilnya saat ini keberadaan lubang di jalan poros nyaris sudah tidak ada. Kami harapkan pemudik bisa nyaman dan aman melewati jalanan di Kabupaten Malang sekarang ini," kata Romdhoni, Selasa (12/6/2018).

Dijelaskan Romdhoni, jalan poros berlubang yang telah dilakukan penambalan tim Salob DPUBM ada di 33 wilayah Kecamatan.

Selanjutnya tim Salob juga menyasar penambalan jalan pedesaan yang berlubang. Ini dimaksudkan agar aktifitas pemudik di kampung halamanya tidak terganggu oleh jalan berlubang.

"Maka dari itu, sebelum Lebaran ini kami telah perintahkan tim Salob menyelesaikan pekerjaan penambalan jalan," ucap Romdhoni.

Di samping itu, ungkap Romdhoni, pihaknya juga melakukan perbaikan jalan yang menjadi akses menuju lokasi wisata, khususnya wisata pantai yang ada di Malang selatan.

Seperti wisata pantai Sendangbiru, Balekambang, Kondangmerak, Gua Cina, Bajul Mati, dan Pantai Bangkung.

Ini dikarenakan tempat tersebut menjadi destiansi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi selama liburan panjang Lebaran tahun ini.

"Makanya, akses jalan menuju tempat wisata kami perbaiki semuanya untuk menunjang perekonomian masyarakat setempat sebagai lokasi wisata," ujar Romdhoni.

Berdasarkan data DPUBM Kabupaten Malang, jalan di Kabupaten Malang yang memiliki panjang 1.446,74 Kilometer tersebar di 33 Kecamatan.

Jalan yang dalam kondisi baik mencapai 837,16 kilometer, yang dalam kondisi rusak ringan mencapai 247,29 kilometer, dan sisanya sepanjang 276,40 kilometer jalan dalam kondisi rusak berat.

"Untuk itu, kamipun telah merencanakan untuk melakukan perbaikan secara bertahap," tutur Romdhoni.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help