Malang Raya

Sutiaji Duduki Kursi Plt Wali Kota Malang Hingga 13 September 2018

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, setiap daerah tidak boleh mengalami kekosongan pemerintahan.

Sutiaji Duduki Kursi Plt Wali Kota Malang Hingga 13 September 2018
IST
Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Sutiaji sebagai Plt Wali Kota Malang di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (23/6/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan surat perintah tugas kepada Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, untuk melaksanakan tugas-tugas Wali Kota Malang di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (23/6/2018).

Sutiaji bakal menjadi Plt Wali Kota Malang hingga 13 September 2018 nanti.

Sutiaji bakal bekerja mulai Minggu (24/6/2018). Sutiaji kembali berdinas setelah menghabiskan masa cuti kampanye Pilkada. Ketika berdinas, tidak hanya menjabat sebagai wakil wali kota, namun juga diangkat sebagai Plt Wali Kota Malang sebab kursi wali kota saat ini sedang kosong.

Seharusnya Wali Kota Malang M Anton kembali berdinas setelah juga menyelesaikan masa cuti Pilkada. Namun Anton sedang menjalani tahanan dan persidangan di Surabaya.

Dalam siaran pers yang diterima SURYAMALANG.COM dari Bagian Humas Pemkot Malang, berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Gubernur Jawa Timur nomor : 131/614/011.2/2018 telah memerintahkan Sutiaji untuk menjalankan tugas dan wewenang Walikota Malang sebagaimana dimaksud dalam pasal 65 ayat (1) dan ayat (2) Undang - Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, setiap daerah tidak boleh mengalami kekosongan pemerintahan. Meskipun Sabtu (23/6/2018) masih masuk hari terakhir kampanye namun Minggu (24/6/2018) tetap harus ada kepala daerah yang memimpin daerahnya.

"Karena sesuai aturan yang ada masyarakat tidak dapat menunggu apabila membutuhkan kebijakan yang sifatnya mendesak. Untuk itu, acara ini dilaksanakan pada hari ini, karena mempertimbangkan hal tersebut," ujar Pakde Karwo.

Pakde Karwo berpesan agar Wakil Wali Kota Malang dapat sepenuhnya menjalankan tugas secara baik.

Sementara itu, Sutiaji mengatakan prioritas tugas yang akan dilaksanakan adalah memastikan bahwa pelayanan publik di Kota Malang berjalan secara baik, kinerja ASN di Pemerintah Kota Malang juga terus meningkat.

"Ada sejumlah pekerjaan rumah yang selama masa jabatan kami ini harus segera diselesaikan utamanya persoalan terkait Pasar Blimbing dan Pasar Gadang, juga Jembatan Kedungkandang.

"Selain itu, kami juga harus mempersiapkan laporan pertanggungjawabkan masa akhir jabatan. Setidaknya bulan Juli besok sudah mulai, karena amanat UU kami harus melaporkan setidaknya tiga bulan sebelum masa jabatan selesai. Jabatan kami selesai 13 September," ujar Sutiaji kepada SURYAMALANG.COM yang dihubungi melalui sambungan telepon.

Dia berjanji akan bekerja sebagai Plt Wali Kota nanti sesuai dengan aturan yang berlaku. Dirinya juga akan segera berkoordinasi dengan DPRD Kota Malang terkait kelanjutan pembahasan Perubahan ANggaran Keuangan (PAK), juga Rencana-APBD 2019.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi mengucapkan rasa terima kasihnya karena selama menjabat sebagai Pjs Wali Kota Malang banyak mendapatkan dukungan dari Forkopimda Kota Malang dan seluruh jajarannya, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Kota Malang sendiri yang turut serta membangun dan menjaga ketentraman serta ketertiban selama ini.

"Saya sangat betah dan kerasan berada di Kota Malang, karena Kota Malang adalah kota yang nyaman serta selalu kondusif," tegasnya.

Serah terima jabatan Sutiaji sebagai Plt berbarengan dengan serah terima jabatan untuk kepala daerah lain, yakni Plt Bupati Jombang dan Wali Kota Kediri.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved